Inspirasi Desain: Tren Hunian Industrialis yang Patut Anda Coba!

Inspirasi Desain: Tren Hunian Industrialis yang Patut Anda Coba!

Banyak konsep hunian yang kini tengah menjadi tren di masyarakat. Jika sebelumnya Kemilau Marmer sudah membahas mengenai Scandinavian style, kali ini giliran konsep industrialis yang akan dikupas lebih dalam.

Gaya hunian industrial berasal dari Eropa. Awalnya, para arsitek Eropa berinisiatif untuk mengubah fungsi bangunan bekas pabrik yang sudah terbengkalai menjadi sebuah hunian yang layak dan nyaman. Namun setelah dilakukan beberapa penyesuaian, karakter bangunan tidak serta merta berubah sehingga kesan industrial masih tetap terasa.

            (Baca juga: Inspirasi Desain: Tips Menerapkan Gaya Scandinavian di Rumah)

Konsep hunian ini biasanya menggunakan warna-warna monokrom dengan material yang terkesan kasar seperti besi, kaca, kayu dan alumunium. Konsep ini menunjukkan kesan maskulin dan bersih pada hunian.

Nah untuk sobat Kilau yang tertarik dengan gaya hunian industrialis dan ingin menerapkannya di rumah, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Kombinasi Kayu & Metal

tren-hunian-industrialis-kombinasi-kayu-metal

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, konsep hunian ini menggunakan material kasar dan terkesan manly. Furnitur berbahan kayu dan metal adalah pilihan yang tepat untuk menciptakan kesan industrialis. Misalnya, Anda bisa menggunakan coffee table berbahan kayu solid dengan kaki meja berbahan metal.

2. Unfinished Wall

tren-hunian-industrialis-unfinished-wall

Warna cat dinding yang digunakan biasanya adalah putih atau abu-abu. Bahkan untuk lebih menunjukkan kesan industrial, beberapa orang memilih untuk membuat dinding mereka tampak seperti belum selesai (unfinished).

3. Langit-Langit yang Ter-expose

tren-hunian-industrialis-langit-langit-terexpose

Ciri lain dari hunian industrialis adalah langit-langit tanpa plafon. Dengan begini, pipa, tiang, atau besi penampang atap bisa terlihat jelas. Tapi hal ini tergantung dengan selera dan keinginan masing-masing orang ya.

            (Baca juga: Tips Mudah Membersihkan Lantai Marmer & Granit)

4. Lantai Industrialis

tren-hunian-industrialis-lantai-industrialis

Biasanya, jenis lantai yang digunakan untuk gaya industrialis adalah lantai parket atau acian semen, tidak pernah menggunakan keramik, marmer, ataupun granit. Namun yang paling mampu memberikan kesan industrial adalah lantai acian karena dapat memberikan kesan unfinished seperti dinding.

Yang harus diperhatikan adalah perawatan lantai acian yang sedikit berbeda dengan keramik biasa. Tips merawat lantai acian bisa Anda baca di sini.

            (Baca juga: 6 Tips Mudah Merawat Lantai Kayu Agar Tetap Awet)

5. Cahaya Alami

tren-hunian-industrialis-cahaya-alami

Bangunan industrial biasanya dipenuhi oleh jendela-jendela besar. Karena itulah, hunian dengan konsep ini juga memiliki jendela dengan ukuran yang cukup besar sehingga cahaya mudah masuk ke dalam hunian.

6. Dekorasi Vintage

tren-hunian-industrialis-dekorasi-vintage

Terakhir, tambahkanlah aksen dekorasi vintage. Menggabungkan furnitur berbahan kayu-metal dengan dekorasi vintage adalah langkah tepat untuk membuat hunian terlihat lebih stunning! Misalnya, letakkan bantal berwarna pastel pada sofa.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan gaya industrialis di rumah. Tidak sulit ‘kan?

Selamat mencoba, sobat Kilau!