Inspirasi Desain: Tips Menerapkan Gaya Scandinavian di Rumah

Inspirasi Desain: Tips Menerapkan Gaya Scandinavian di Rumah

Gaya hunian Scandinavian kini tengah populer di tengah para pecinta desain interior. Banyak orang yang mulai menerapkan konsep ini pada hunian mereka. Alasannya selain lebih modern, Scandinavian style juga memberikan efek luas pada ruangan.

Gaya Scandinavian sebenarnya berasal dari cara orang-orang di negara Scandinavia (Norwegia, Swedia, Denmark, Islandia, dan Finlandia) menata rumah mereka. Desain ini mulai diperkenalkan secara global pada pameran desain di Amerika dan Kanada sekitar tahun 1950-an. Pada pameran ini diperkenalkan bagaimana orang-orang Scandinavia menata rumah mereka dengan indah, sederhana, bersih dan mudah. Prinsip dari Scandinavian style adalah indah dan fungsional.

Untuk Sobat Kilau yang ingin menerapkan gaya Scandinavian di rumah, yuk intip beberapa tipsnya di bawah ini!

Gunakan Cat Tembok Putih atau Netral

Tips Menerapkan Gaya Scandinavian di Rumah - Cat Tembok Putih

Gaya Scandinavia terkenal simpel dan tidak banyak menggunakan warna. Untuk mendukung kesan ini, gunakan cat tembok berwarna putih atau netral. Selain itu, warna-warna ini juga bisa memberikan kesan luas pada ruangan.

            (Baca juga: 6 Inspirasi Desain Dinding Batu Alam Modern)

Hindari Motif

Boleh saja Anda memberikan beberapa sentuhan artistik dengan motif. Namun, hindari penggunaan terlalu banyak ya. Ingat, Scandinavian adalah gaya yang simpel dan tidak membutuhkan banyak ornamen.

Furnitur Multifungsi

Tips Menerapkan Gaya Scandinavian di Rumah - Furnitur Multifungsi

Gaya Scandinavia fokus pada kesederhanaan. Oleh karena itu, furnitur yang digunakan pun harus sederhana dan tidak memakan banyak tempat.

Back to Nature

Tips Menerapkan Gaya Scandinavian di Rumah - Back to Nature

Ciri khas dari gaya ini adalah banyaknya elemen alam yang digunakan. Biasanya, hal ini ditunjukkan furnitur-furnitur berbahan kayu serta keberadaan taman belakang yang memberikan kesan natular pada hunian.

Lantai Parket

Tips Menerapkan Gaya Scandinavian di Rumah - Lantai Parket

Lantai yang paling tepat untuk hunian bergaya  Scandinavia adalah parket. Lantai kayu ini akan memberikan kesan lebih natural pada hunian. Selain itu, parket juga dapat memberikan efek hangat pada ruangan.

            (Baca juga: Yakin Mau Menggunakan Parket? Ketahui Dulu Kelebihan & Kekurangannya)

Dekorasi Artistik

Tips Menerapkan Gaya Scandinavian di Rumah - Dekorasi Artistik

Meski sangat meminimalisir penggunaan furnitur-furitur berat, Anda tetap bisa menambahkan berbagai dekorasi yang artsy pada hunian, seperti karpet bulu yang halus, taplak meja, seliput pada sofa, hingga gordyn.

Pencahayaan

Tips Menerapkan Gaya Scandinavian di Rumah - Pencahayaan

Pencahayaan merupakan salah faktor yang mempengaruhi efek luas pada ruangan. Orang-orang Scandinavia lebih menyukai konsep rumah dengan pencahayaan alami. Hal ini diwujudkan dengan penataan jendela yang besar sehingga sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan dengan mudah. Meski begitu, Anda juga tidak boleh melupakan penataan lampu. Pilihlah desain lampu yang menarik dan unik.

Fungsional

Bukan hanya furniturnya saja yang fungsional, seluruh sudut rumah juga harus difungsikan dengan baik. Misalnya, ruangan di bawah tangga. Meski tidak terlalu luas, space ini juga harus bermanfaat. Sebagai alternatif, Anda bisa membuat rak di bawah tangga.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam mendesain rumah bergaya Scandinavia. Semoga informasi di atas bermanfaat ya. Selamat mencoba, Sobat Kilau!