6 Inspirasi Desain Dinding Batu Alam Modern

6 Inspirasi Desain Dinding Batu Alam Modern

Batu alam merupakan salah satu material bangunan yang cukup sering digunakan, baik untuk interior maupun eksterior, mulai dari lantai, dinding, hingga meja atau counter top.

Penggunaan batu alam pada dinding bukanlah hal yang baru dalam dunia interior. Selain cat dan wallpaper, batu alam seperti marmer, granit, dan travertine juga cukup sering digunakan sebagai pelapis dinding. Meskipun lebih menguras kantong, material ini dapat memberikan kesan mewah pada hunian. Selain mewah, batu alam juga akan memberikan kesan natural yang tentunya akan membuat hunian semakin nyaman.

Tertarik untuk menggunakan dinding batu alam pada hunian kesayangan Anda? Di bawah ini, Kemilau Marmer telah merangkum beberapa inspirasi desain dinding batu alam yang bisa Anda tiru.

Dinding Marmer

dinding-marmer

Anda tentu tidak asing dengan jenis batu alam yang satu ini bukan? Marmer merupakan batuan paling populer yang sering digunakan orang, baik untuk lantai maupun dinding. Marmer terkenal dengan warna dan motif guratannya yang indah serta membawa kesan mewah pada ruangan.

dinding-marmer

Biasanya, orang lebih sering menggunakan marmer berwarna putih. Namun, batuan berpori ini memiliki beberapa variasi warna lho, mulai dari hitam, merah, hijau, hingga kuning. Anda bisa menggunakan dinding marmer sebagai backdrop TV atau ranjang. Tak perlu mengaplikasikannya pada seluruh ruangan, cukup pilih satu sisi untuk dijadikan vocal point.

            (Baca juga: Marmer Lokal vs Marmer Import, Anda Pilih Mana?)

Dinding Onyx

dinding-onyx

dinding-onyx

Mirip dengan marmer, onyx merupakan batuan alam kelas atas yang memiliki pasar tersendiri. Sifatnya yang semi-transparan akan memberikan kesan mewah pada ruangan, terlebih jika Anda menambahkan beberapa sumber cahaya di sekitarnya.

            (Baca juga: 7 Tren Dinding Keramik Masa Kini. Anda Pilih Mana?)

Dinding Granit

dinding-granit

dinding-granit

Granit juga termasuk batu alam yang populer digunakan sebagai lantai maupun dinding, sama halnya seperti marmer. Mewah dan sejuk adalah keunggulan utama batuan yang satu ini. Motif granit cenderung berbentuk bintik abstrak, meskipun beberapa bermotif seperti guratan marmer namun tidak terlalu kontras.

Dinding Travertine

dinding-travertine

Sama halnya seperti marmer, travertine juga merupakan batuan alam berpori, namun porinya lebih besar dan lebih kasat mata sehingga teksturnya lebih kasar. Travertine memiliki warna yang lebih terang dibanding marmer dengan tone putih kecoklatan, cream dan coklat muda.

dinding-travertine

Karena memiliki pori yang besar, travertine harus dilapisi dengan resin untuk melindungi permukaan dinding dari jamur dan lumut.

Dinding Palimanan

dinding-palimanan

Palimanan merupakan batuan alam yang berasal dari Cirebon. Biasanya, batu ini lebih sering digunakan di luar ruangan atau outdoor, meskupin penggunaan di dalam ruangan juga tidak masalah. Rata-rata tekstur batu palimanan adalah kasar, namun ada juga yang sedikit halus. Warna batuan alam yang satu ini juga cerah, mulai dari cream hingga putih kekuningan.

            (Baca juga: Apa Itu Lantai Semen? Apa Keunggulannya?)

Karena memiliki pori yang besar, batu palimanan harus diberikan pelapis untuk menghindari tumbuhnya lumut pada permukaan dinding.

Dinding Batu Susun Sirih

dinding-batu-dudun-sirih

Susun sirih bukan nama batunya ya, sobat Kilau. Dinding batu susun sirih merupakan teknik penyusunan batu alam pada dinding. Batu yang biasa digunakan adalah bisa batu andesit, palimanan atau purwakarta. Biasanya juga, dinding batu susun sirih digunakan untuk eksterior hunian seperti dinding luar atau pagar.

Itulah beberapa inspirasi desain dinding batu alam modern yang bisa Anda tiru.

Karena semua material di atas merupakan batu alam yang berpori, Anda pun harus memberikan perawatan spesial agar dinding tidak cepat rusak. Selain membersihkan permukaan dinding secara rutin, Anda juga harus melakukan poles ketika Anda merasa marmer atau granit mulai kusam dan berubah warna.

Untuk urusan poles lantai dan dinding marmer, granit dan batu alam lainnya, serahkan kepada Kemilau Marmer, jasa poles lantai dan dinding granit dan marmer terpercaya di Jakarta. Kami berkomitmen memberikan layanan terbaik dengan penggunaan bahan berkualitas tinggi dan SDM terbaik.

Kami akan membantu menemukan kembali kilau dinding dan lantai marmer Anda.