Marmer Lokal vs Marmer Import, Anda Pilih Mana?

Marmer Lokal vs Marmer Import, Anda Pilih Mana?

Marmer merupakan salah satu jenis lantai paling eksklusif. Motif dan warnanya yang indah menjadi alasan banyak orang menggemari batuan ini meskipun harganya cukup tinggi. Selain itu, perawatan yang mudah serta materialnya yang kuat menjadi nilai tambah tersendiri.

Pada artikel sebelumnya, Anda sudah dapat mengetahui jenis-jenis marmer yang populer di Indonesia. Rata-rata jenis yang disebutkan adalah marmer import atau berasal dari luar Indonesia. Tapi, tahukah Anda bahwa Indonesia juga memiliki tambang batuan marmer yang tak kalah berkualitas dari marmer import?

Lalu, mana yang sebaiknya sobat Kilau pilih, marmer lokal atau marmer import? Untuk mengetahuinya, berikut adalah perbedaan antara keduanya.

Marmer Lokal

Jangan pernah beranggapan bahwa produk keluaran dalam negeri tidak berkualitas ya! Banyak produk Indonesia yang kualitasnya tak kalah dari produk luar, salah satunya adalah lantai marmer. Tahukah Anda bahwa marmer Indonesia sudah merambah hingga ke seluruh benua, termasuk Amerika, Eropa dan Australia?

Marmer lokal biasanya diambil dari daerah Sulawesi seperti Panjakene dan Kepulauan, daerah Jawa seperti Tulung Agung dan Padalarang, Lampung, dan lainnya. Setiap daerah menghasilkan marmer dengan ciri khas dan karakteristik yang berbeda.

Salah satu marmer lokal yang sudah menembus pasar internasional adalah marmer Ujung Pandang yang berasal dari Sulawesi. Marmer ini berwarna dasar cream dengan guratan berwarna putih dan merah muda. Harganya pun beragam mulai dari tingkatan premium hingga standard.

Contoh marmer lokal lain yang mendunia di antaranya marmer Crema Perlato, Chiampo Blue, dan Golden Perlato.

Marmer Import

Di Indonesia, jenis marmer import yang populer biasanya berasal dari Italia, Spanyol, Iran, Turki dan lainnya. Beberapa jenis marmer import dapat Anda ketahui di sini. Untuk harga, marmer import memang lebih mahal dibanding yang lokal sebab harus didatangkan dari luar negeri. Selain itu, variasi warna dan polanya juga lebih beragam sehingga Anda memiliki lebih banyak pilihan.

(Baca juga: Jangan Ketuker Lagi, Ini Bedanya Marmer, Granit dan Granitile)

Untuk memilih mana yang terbaik, Anda tentu harus memperhatikan beberapa hal untuk dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa tips memilih marmer:

Tips Memilih Marmer yang Tepat

1. Fungsi

Sebelum memilih marmer untuk digunakan, perhatikan fungsi ruangan terlebih dahulu. Misalnya, untuk ruang keluarga atau ruang tamu, pilihlah marmer yang berkilau dan keras. Sementara untuk ruangan seperti dapur dan kamar mandi, pilihlah marmer yang tahan noda dan kelembaban. Anda pun harus memberikan perhatian lebih pada marmer di ruangan ini karena marmer merupakan batuan berpori yang bisa menyerap air.

2. Warna

Sesuaikan warna marmer dengan tema ruangan serta furnitur di dalamnya. Jika Anda tidak menginginkan tema monochrome, Anda bisa memilih marmer import yang memiliki banyak variasi warna mulai dari merah, coklat, hitam, kuning dan lainnya. Sementara untuk Anda yang lebih menginginkan suasana netral, marmer lokal merupakan pilihan yang tepat.

3. Motif

Karena motif marmer terbentuk secara alami, Anda tidak bisa membuat request motif sesuai kehendak sendiri. Motif marmer yang berbentuk guratan memiliki kharisma tersendiri. Guratan-guratan tersebut bisa berbentuk memanjang, awan, atua juga polos. Sama seperti warna, pilihlah motif yang sesuai dengan tema ruangan Anda.

Note: Karena lantai marmer biasanya sudah berbentuk potongan, pemasangannya harus dilakukan oleh seorang profesional agar motifnya tetap menyatu.

Itulah beberapa tips dalam memilih lantai marmer. Semoga informasi di atas bisa membantu sobat Kilau menemukan lantai terbaik untuk hunian ya. Semoga berhasil!