Jenis-Jenis Marmer Terpopuler di Indonesia

Jenis-Jenis Marmer Terpopuler di Indonesia

Siapa sih yang tidak tau marmer? Batuan yang sering dijadikan sebagai lantai ataupun dinding ini memang sangat populer. Banyak masyarakat Indonesia, khususnya dari kalangan menengah ke atas, yang menggunakan lantai marmer. Alasannya tak lain dan tak bukan disebabkan oleh warna dan motifnya yang elegan dan juga mewah. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama dari lantai marmer.

Selain motif indah yang terbentuk secara alami, lantai marmer juga memiliki daya tahan yang kuat sehingga awet dan tahan lama. Perawatannya pun cukup mudah karena hanya perlu dibersihkan menggunakan air biasa.

(Baca juga: Kenali Berbagai Jenis Lantai, Penting untuk Interior Designer)

Marmer sendiri terdiri dari beberapa jenis yang dibagi berdasarkan komposisi dan struktur batuan secara fisik, mulai dari warna, pola dan kandungan mineralnya. Di bawah ini, Kemilau Marmer telah merangkum jenis-jenis marmer yang populer di Indonesia.

#1 Onyx Marble

Onyx-Marble

Marmer onyx hampir serupa dengan batu onyx. Onyx sendiri merupakan batuan yang terbentuk dari lapisan mineral chalcedony dengan lapisan berbentuk sejajar dan lapisan warna yang bergantian, serta cryptocrystalline yang berkandungan intergrowtha kuarsa halus mineral silica dan moganite. Batu onyx terkenal sangat cantik karena komponen yang dikandung membuat batu terlihat transparan.

Sama halnya dengan batu onyx, marmer onyx juga memiliki tampilan yang sedikit jernih dan transparan yang terbentuk dari komposisi zat-zat organik dan juga kalsit. Karena keindahannya, marmer onyx sangat digemari oleh para desainer dan arsitek.

#2 Architectural Marble

Sesuai namanya,  architechtural marble sering digunakan sebagai ornamen-ornamen arsitektural. Visualnya sangatlah beragam, mulai dari motif, tekstur, hingga warnanya. Jenis marmer satu ini termasuk salah satu lantai yang digemari masyarakat.

#3 Shell Marble

Shell marble termasuk salah satu jenis marmer paling unik dan sangat langka. Terbentuk dari fosil atau sisa-sisa makhluk hidup membuat tampilan lantai ini benar-benar artistik. Saking uniknya, marmer ini seringkali dijadikan sebagai vocal point pada suatu ruangan.

(Baca juga: Mengenal Lantai Keramik dan Jenisnya)

#4 Breccia Marble

breccia-marble

Tak berbeda dari batuan marmer lainnya, breccia marble memiliki karakter yang khas. Perbedaan yang mencolok terletak pada permukaannya. Tekstur breccia marble cenderung lebih kasar dibanding jenis lainnya sehingga lebih sering digunakan di luar ruangan.

#5 Statuary Marble

statuary-marble

Statuary marble memiliki karakteristik tersendiri. Tampilan marmer satu ini cukup simpel dan sederhana namun tak kalah indah. Putih, bersih, tanpa pola atau tekstur yang kontras, sangat cocok untuk Anda yang menginginkan kesan elegan yang tidak berlebihan.

#6 Cipolin Marble

cipolin-marble

Jenis marmer satu ini sering digunakan pada bangunan-bangunan bernuansa Yunani kuno. Motifnya yang khas berupa pola alur yang abstrak menjadi daya tarik tersendiri. Batuan ini memiliki kandungan mika dan juga talk di dalamnya.

#7 Ruin Marble

Ruin marble memiliki motif yang sangat unik. Kandungan kristal yang abstrak membuat lantai ini terlihat mewah. Alhasil, ruin marble sering diandalkan oleh para interior desainer dalam mendesain ruangan. Kelebihan lainnya terletak pada tekstur yang sangat halus.

Itulah beberapa jenis marmer yang populer di Indonesia. Setiap jenis tentunya memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri. Anda tinggal menentukan, lantai mana yang paling sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan Anda.