Kenali Berbagai Jenis Lantai, Penting Untuk Interior Designer

Kenali Berbagai Jenis Lantai, Penting Untuk Interior Designer

Pernahkah Anda mengunjungi suatu tempat dan menghabiskan waktu yang cukup lama berdiam di dalamnya dengan alasan, interior ruangannya cozy dan desainnya menarik?

Interior adalah salah satu bagian penting pada suatu bangunan, tidak jarang pemilik bangunan fokus pada interior untuk tujuan tertentu, misalnya sebuah cafe, untuk menarik pengunjung datang dan rela memesan banyak menu dengan memberikan desain interior yang nyaman dan homey, atau hotel yang memberikan desain unik untuk menarik traveler dari dalam dan luar negeri menginap di dalam unit kamarnya.

Ada banyak aspek yang mendukung keindahan interior, misal dekorasi ruangan, pemilihan warna-warna pada dinding dan furniturnya, termasuk jenis lantai. Lantai juga menjadi salah satu bagian penting di dalam desain interior. Tidak hanya digunakan sebagai pijakan, lantai juga menciptakan efek pada desain interior, contohnya saja pada ukuran. Dengan menggunakan ukuran lantai yang lebih kecil, ruangan akan terasa lebih luas.

Pemilihan lantai dengan ukuran dan motif yang tepat akan membuat ruangan semakin cozy. Ada sangat banyak jenis lantai yang bisa Anda pilih untuk mendukung desain interior Anda, seperti marmer dengan warna dan motif yang beragam, ada lantai granit yang memiliki warna menarik, lantai teraso yang memiliki tekstur yang unik, juga keramik yang umumnya digunakan oleh hunian.

Selain jenisnya, penting untuk dikenali sifatnya hingga perawatan bagi masing-masing jenisnya. Akhir dari pengenalan ini tentu saja untuk investasi Anda, tidak perlu menunggu lantai rusak lalu menggantinya dengan lantai baru yang menguras budget lebih.

Lantai marmer berkilau

Lantai Marmer

Marmer adalah batu alam lunak yang dihasilkan oleh proses metamorfosa dari batu gamping sehingga menghasilkan motif yang menarik, elegan, mewah, serta eksotis secara alami. Marmer disebut sebagai bahan yang paling esklusif karena dengan motif yang luar biasa indah, perawatannya mudah, dan tahan lama alias tidak mudah rusak, namun tentunya harganya pun tidak murah.

Guratan cantik nan eksotis ini tidak cuma bisa diterapkan sebagai lantai, tapi bisa juga sebagai dinding. Marmer memberikan kesan sejuk pada ruangan, permukaannya pun licin sehingga berkilau dengan sempurna, namun tentu saja Anda perlu berhati-hati dengan permukaannya yang licin karena jika lantai basah sedikit saja, maka Anda bisa tergelincir. Ditambah lagi permukaannya tidak cepat kering jadi harus segera dilap ya.

Saat pemasangannya harus dilakukan oleh tenaga ahli karena marmer reaktif terhadap larutan yang bersifat asam, jadi jika rusak tentu saja harus ganti yang baru. Perawatan sehari-harinya mudah, cukup gunakan lap dan air dengan gerakan seperti mengepel biasanya. Anda juga bisa menambahkan larutan pel untuk memberikan aroma segar.

Untuk perawatan yang gunanya mengembalikan kilau marmer yang kusam, disarankan lakukan pemolesan setidaknya 6 bulan sekali guna menjaga keindahannya.

Lantai granit berkilau

Lantai Granit

Granit sendiri sebenarnya adalah jenis batuan yang berasal dari magma yang membeku sehingga menjadi jenis lantai yang paling kokoh dan tidak mudah pecah juga tahan lama terhadap goresan dan noda. Granit juga memiliki berbagai motif dan warna yang menarik dan mewah, tapi sebaiknya pilih sesuai dengan fungsi dan desain ruangan.

Yang unik dari pemasangannya adalah, Anda harus memasangnya dari bagian dalam ruangan atau konsekuensinya ruangan akan terkesan berantakan. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan jasa yang ahli dan profesional untuk menghindarinya.

Selain pemasangannya yang cukup memerlukan perhatian, perawatannya pun membutuhkan perhatian lebih. Mudah menyerap air sehingga membuatnya mudah berkerak, terlebih cairan asam yang bersifat abrasif, jadi segera lap lantai jika basah untuk menjaga kilaunya.

Lantai teraso berkilau

Lantai Teraso

Teraso atau bahan material yang memiliki nama asli Terrazo ini adalah bahan yang berasal dari pecahan batuan dengan ukuran dan bentuk yang beragam sehingga menghasilkan motif dan kombinasi warna yang beragam dan membuat nilai seni teraso tinggi. Karena keindahannya, seringkali digunakan sebagai pelapis dinding yang bisa mempercantik ruangan.

Berbeda dengan granit, pemasangan lantai teraso lebih mudah namun tetap membutuhkan tenaga ahli profesional agar hasil pemasangan rapi. Teraso lebih membutuhkan pemolesan secara teratur dibandingkan dengan granit atau marmer, ini dikarenakan bahannya yang terbuat dari pecahan-pecahan batuan yang disatukan sehingga tidak jarang, akibat sering terinjak material jadi terkikis.

Selain terkikis, lantai teraso juga mudah berlumut jika terkena air dan tidak segera dikeringkan sehingga sangat tidak direkomendasikan untuk digunakan pada ruangan yang lembab seperti kamar mandi atau area basah lainnya seperti area kolam renang.

Contoh lantai keramik

Lantai Keramik

Jenis yang satu adalah jenis lantai yang paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Memiliki warna dan corak yang sangat beragam juga ukuran yang sangat beragam. Harga yang murah dibandingkan dengan jenis-jenis lantai di atas menjadi keunggulannya, harganya relatif murah dengan kualitas yang beragam, tidak mudah tergores, tidak mudah meninggalkan noda jika terkena air, dan tidak mudah kusam.

Sayangnya, keramik memiliki ketebalan yang minim sehingga untuk ukuran yang besar bukan pilihan yang tepat karena bukan tidak mungkin menggelembung setelah pemasangan di atas 5 tahun. Poles pada keramik bisa membantu menjaga kilau dan keindahannya.

Selain sebagai lantai pijakan, semua jenis ini bisa digunakan sebagai dinding. Keunggulan menggunakan marmer, granit, teraso, dan keramik sebagai penghias dinding adalah, Anda tidak perlu melakukan pengecetan ulang jika kotor, cukup dibersihkan dan Anda akan mendapatkan dinding Anda kembali berkilau.

Namun pada dinding, Anda harus berhati-hati pada bahan marmer dan granit yang berat. Di sini tenaga ahli yang profesional dalam pemasangan sangat diperlukan karena dibutuhkan komposisi yang pas agar marmer dan granit bisa menempel kuat di dinding.

Pilih jenis yang tepat dan lakukan perawatan secara teratur akan membuat properti Anda nyaman dan bernilai tinggi sebagai bahan investasi.