Apa Itu Lantai Semen? Apa Keunggulannya?

Apa Itu Lantai Semen? Apa Keunggulannya?

Jauh sebelum teraso, marmer, granit, dan keramik populer digunakan sebagai lantai rumah, lantai semen adalah jenis lantai yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Seiring waktu, lantai semen ditinggalkan karena hadirnya keramik yang memiliki warna dan motif yang menarik, belum lagi kilaunya yang memberikan kesan cerah pada rumah.

Tapi sekarang-sekarang ini tidak jarang lantai semen kembali digunakan. Dengan alasan keindahannya yang natural dan simple, mempercantik interior sehingga fokus hanya pada dinding dan furniturenya saja.

Tidak hanya kecantikannya, lantai semen juga memiliki keunggulan yang memberinya nilai lebih.

  1. Kuat dan tahan lama
    Karena bahannya yang keras, lantai semen tidak mudah tergores ketika Anda menggeser-geser perabotan rumah Anda juga ketika hewan peliharaan Anda mencakar-cakar lantai. Juga pada noda, lantai semen tidak menyerap cairan sehingga warnanya akan tetap terjaga.
     
  2. Perawatannya mudah
    Perawatan lantai semen dengan lantai keramik umumnya adalah sama, cukup dengan disapu dan dipel setiap hari untuk menjaga kebersihannya. Sama seperti jenis lantai lainnya, lantai semen pun bisa menjadi kusam sehingga perlu dilakukan pemolesan secara rutin.
     
  3. Aman dan ramah lingkungan
    Lantai semen tidak menggunakan zat kimia yang berbahaya sehingga tidak berbau, aman dan ramah lingkungan. Dengan kepadatan yang baik namun tidak mengandung zat berbahaya menjadi nilai plus bagi lantai semen ini.
     
  4. Polos? Bisa! Bermotif? Bisa juga!
    Salah satu kelebihan lantai semen dibanding lantai jenis lainnya adalah Anda bisa menentukan motifnya sesuai selera Anda. Dengan tampilan polos membuat ruangan terasa lebih luas, pilihan warna putih membuat ruangan seolah berada di atas kepulan asap tebal, warna hitam yang sangat mendukung ruangan dengan tema monokrom.
     
  5. Sebagai lantai ruang garasi
    Lantai semen mutlak dijadikan sebagai lantai di ruang garasi dengan alasan kuat, standar motor Anda bukan alasan untuk rusaknya lantai Anda. Untuk garasi, sebaiknya buat lantai polos tidak bermotif sehingga terasa lebih luas.
     
  6. Dingin dan sejuk
    Ini sangat cocok untuk iklim tropis Indonesia. Lantai semen memberikan kesan dingin pada ruangan sehingga meskipun cuaca di luar sedang panas, namun kondisi dalam ruangan tetap sejuk.

    Namun dalam pembuatannya memerlukan perhatian ekstra. Pasalnya, jika permukaan tidak rata, maka lantai akan memiliki pori-pori sehingga mudah menyerap cairan, akibatnya lantai jadi melunak dan rusak. Ketika rusak, Anda hanya bisa melakukan penambalan sehingga keindahannya tidak bisa kembali seperti semula, kecuali dibuat ulang dari awal.

Jadi untuk pembuatannya hanya orang yang memiliki pengalaman dan profesional yang bisa dipercaya untuk melakukannya. Kemilau Marmer dengan pengalaman lebih dari 5 tahun telah melayani hingga luar Jabodetabek.