Tips Cerdas Merawat Lantai Semen Acian

Tips Cerdas Merawat Lantai Semen Acian

Zaman dahulu, semen acian adalah satu-satunya jenis lantai yang digunakan orang. Namun setelah keramik, teraso, marmer dan jenis lantai lainnya muncul, semen acian mulai ditinggalkan. Pada masa itu, jelas orang lebih memilih lantai berwarna dan bermotif karena masih sangat jarang digunakan dan memberikan kesan tersendiri pada hunian.

Tapi di zaman modern ini, mulai banyak orang yang kembali menggunakan lantai semen, baik pada hunian, kantor, maupun tempat umum seperti café. Kesan tradisional dan vintage yang melekat dengan jenis lantai ini menjadi daya tarik utamanya. Selain itu, lantai semen juga sangat mendukung gaya hunian industrialis yang sedang tren belakangan ini.

            (Baca juga: Apa Itu Lantai Semen? Apa Keunggulannya?)

Lantai acian juga terkenal mudah dibuat karena hanya membutuhkan campuran semen dan pasir halus atau pasir pantai. Tapi, apakah perawatannya semudah proses pembuatannya?

Tips Merawat Lantai Semen

1. Rutin Menyapu Lantai

Sama halnya seperti keramik, marmer, granit dan jenis lainnya, lantai semen juga harus rutin dibersihkan. Menyapu adalah hal dasar yang harus dilakukan untuk membersihan kotoran yang menempel.

Jangan biarkan debu menumpuk terlalu lama karena bisa menyebabkan noda tersebut menempel pada lantai semen dan sulit dibersihkan. Hal ini tentunya juga akan menghilangkan kilap pada lantai.

2. Pel Dengan Air Hangat

Memang tidak diharuskan. Namun air hangat lebih ampuh mengangkat noda dan kotoran yang menempel pada lantai. Anda juga diperbolehkan menggunakan cairan pembersih lantai yang dijual di pasaran, tentunya dengan takaran yang cukup ya.

3. Pemilihan Pembersih Lantai

Anda memang diperbolehkan menggunakan pembersih lantai, namun tetap harus berhati-hati dalam memilihnya. Hindari pembersih berbahan kimia keras agar warna semen tidak memudar. Pilihlah pembersih khusus semen ber-pH netral.

4. Pel Menggunakan Baking Soda

Tahukah Anda bahwa baking soda bisa digunakan untuk membersihkan lantai semen? Caranya cukup dengan menaburkan baking soda pada bagian lantai yang ternoda kemudian bersihkan menggunakan lap basah. Cara ini sangat bagus untuk menghilangkan noda minyak dan garis pada permukaan lantai.

            (Baca juga:Tips Mudah Membersihkan Lantai Marmer & Granit)

5. Ampas Kelapa Untuk Mengkilapkan Lantai Semen

Siapa sangka kalau ampas kelapa bisa digunakan untuk mengkilapkan semen acian? Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengeluarkan kandungan minyak pada kelapa dengan cara menyangrai parutan kelapa terlebih dahulu. Nah, sisa parutan kelapa inilah yang bisa Anda gunakan untuk merawat lantai semen.

Caranya, gosok lantai semen dengan parutan kelapa tersebut pada sore hari kemudian diamkan semalaman. Paginya, barulah Anda bisa menyapu lantai hingga bersih. Lakukan metode secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Bersihkan Dengan Cuka

Trik lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan noda membandel pada lantai semen adalah menggunakan cuka. Cukup campurkan cuka dengan seember air dan pel bagian lantai yang kotor. Untuk hasil lebih maksimal, Anda bisa menambahkan air lemon pada campuran ini.

7. Poles Lantai Secara Berkala

Terakhir, lakukanlah poles lantai semen secara berkala untuk menjaga kebersihan serta kilapnya. Poles ini harus dilakukan oleh teknisi profesional dan berpengalaman agar hasilnya tidak mengecewakan.

Untuk urusan poles lantai semen, marmer, granit, keramik, dan lantai lainnya, Anda bisa mempercayakannya kepada Kemilau Marmer, jasa poles marmer Jakarta yang kompeten dan profesional.

Kemilau Marmer berkomitmen memberikan layanan terbaik dengan penggunaan bahan berkualitas tinggi dan SDM terbaik untuk menghasilkan pekerjaan yang berkilau juga rapi. Tertarik menggunakan jasa poles dari Kemilau Marmer? Atau ingin berkonsultasi seputar masalah lantai? Hubungi kami di sini.