Tips Mudah Membersihkan Lantai Marmer & Granit

Tips Mudah Membersihkan Lantai Marmer & Granit

Marmer dan granit merupakan dua jenis lantai yang paling dikagumi. Lantai marmer dengan motif guratan-guratan yang indah membuat ruangan terlihat elegan dan mewah. Pun lantai granit dengan warnanya yang gelap dan motif yang unik akan membuat ruangan terlihat makin cantik.

Selain sebagai lantai, marmer dan granit juga sering kali digunakan pada furnitur rumah tangga, seperti meja makan dan kitchen set. Saking cantiknya, banyak orang yang menggunakan keduanya sebagai pelapis dinding lho.

Namun, karena marmer dan granit terbentuk dari material batu alam asli dan berbeda dengan jenis lantai lainnya, perawatannya pun juga tidak sembarangan. Anda harus memilih bahan pembersih yang tepat dan aman.

Lalu, bahan apa saja yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan lantai marmer dan granit? Kemilau Marmer telah merangkumnya untuk Anda.

Bahan Pembersih Marmer

1. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida merupakan cairan senyawa kimia bersifat asam. Cairan ini berfungsi untuk mengangkat kotoran serta menghilangkan goresan pada lantai. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

- Basahi kain lap lembut dengan cairan hidrogen peroksida.

- Gosok perlahan permukaan lantai marmer atau granit yang kusam.

- Beri sedikit tekanan saat proses pengelapan pada noda membandel.

2. Amonia

Dibanding hidrogen peroksida, cairan amonia terbilang lebih aman bagi manusia karena bersifat basa. Namun, Anda tetap harus memperhatikan takaran penggunaan. Sebelum mulai membersihkan marmer, pastikan bahwa cairan amonia aman. Cara memastikannya adalah dengan meneteskan sedikit amonia pada sudut kecil di permukaan marmer dan melihat reaksi yang ditimbulkan.

Berikut adalah langkah-langkah membersihkan lantai menggunakan amonia:

- Campurkan 1 sdt amonia dan 1 cangkir air. Aduk hingga tercampur rata.

- Celupkan kain lap lembut ke dalam campuran tersebut.

- Gosok lantai secara perlahan dengan gerakan memutar hingga kotoran hilang.

3. Pembersih Khusus Marmer

Sesuai namanya, cairan ini ditujukan khusus untuk membersihkan noda dan kotoran membandel yang menempel pada marmer. Namun, Anda juga harus memperhatikan takaran penggunaannya. Berikut langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

- Campurkan ½ gayung air dan 1 tutup botol cairan pembersih marmer. Aduk hingga tercampur rata.

- Celupkan kain lap lembut kedalam campuran tersebut.

- Bersihkan lantai dengan gerakan memutar secara perlahan.

4. Deterjen Cair

Selain digunakan untuk mencuci pakaian, deterjen cair juga dapat digunakan untuk membersihkan noda bandel pada peralatan rumah tangga dan juga dapur lho. Lebih dari itu, cairan ini juga bisa menjadi solusi jitu untuk mengangkat kotoran yang menempel pada lantai.

Namun, deterjen yang dipilih juga tidak sembarangan. Pilihlah deterjen cair dengan mutu dan kualitas yang bagus, tidak mengandung asam dan juga pemutih.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencampurkan 1 cangkir air dengan 1 sdm deterjen cair. Langkah selanjutnya sama dengan langkah dalam menggunakan bahan lainnya.

(Baca juga: Tips Merawat Lantai Marmer Agar Tetap Berkilau)

5. Baking Soda

Apakah Anda pernah menyangka kalau baking soda bisa digunakan untuk membersihkan lantai marmer? Bahan rumahan ini memang terkenal sebagai bahan yang serbaguna dan dapat digunakan hampir untuk semua jenis kebutuhan.

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah:

- Tuangkan 1 sdm baking soda ke dalam seember air.

- Aduk hingga campuran air dan baking soda berubah menjadi pasta.

- Lumuri kain lap halus dengan campuran tersebut kemudian bersihkan lantai hingga nodanya hilang.

Note: Campuran baking soda dan air aman digunakan pada permukaan marmer karena tidak akan menimbulkan goresan.

6. Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring ternyata tak hanya bisa membersihkan noda membandel di peralatan makan lho, tapi juga pada lantai granit dan marmer rumah Anda! Selain menghilangkan noda, sabun ini juga bisa menghilangkan goresan pada permukaan marmer. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

- Campurkan sabun cuci piring secukupnya ke dalam ½ gayung air hangat.

- Celupkan kain lap lembut kedalam campuran tersebut.

- Gosokkan kain dengan gerakan memutar secara perlahan dan sedikit tekanan. Biarkan cairan kering 5 – 10 menit.

- Setelah marmer kering, bersihkan kembali menggunakan lap kering.

Itulah beberapa bahan yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada lantai marmer dan granit. Selain bahan yang aman, ada pula produk yang harus Anda hindari untuk membersihkan kedua jenis lantai tersebut.

Bahan yang Dihindari Untuk Membersihkan Marmer

- Produk pembersih lantai biasa.

- Cairan yang bersifat sangat asam atau sangat basa (misal: cuka).

- Pembersih lantai keramik, karena dapat menyebabkan marmer kusam.

- Vacuum cleaner atau penyedot debu, karena bisa menyebabkan lantai tergores.

- Kain yang kasar.

Untuk lebih melindungi kilap lantai marmer dan granit, Anda dapat menempatkan keset di depan ruangan guna menghindari masuknya debu, kotoran atau kerikil yang menempel pada  kaki atau sol sepatu. Pastikan Anda juga memberi alas pada furnitur untuk menghindari terjadinya gesekan yang dapat menimbulkan lantai tergores.

(Baca juga: Alasan Menggunakan Jasa Poles Marmer Profesional)

Selain melakukan pembersihan sendiri secara manual, Anda juga bisa memanggil jasa poles marmer dan granit profesional untuk melakukan perawatan yang lebih sempurna. Dengan menggunakan layanan ini, Anda yang memiliki aktivitas super ketat tidak perlu meluangkan waktu untuk membersihkan lantai. Selain itu, hasil poles juga dijamin rapi karena dikerjakan oleh teknisi yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Kemilau Mamer, Jasa Poles Marmer Profesional & Terpercaya

Kemilau Abadi Marmer merupakan unit usaha di bidang jasa restorasi (pemugaran), poles, proteksi, serta perawatan marmer, granit, teraso, ubin tegel, acian, beton, keramik premium, batu alam, parket, dan jenis lantai lainnya.

Kami berkomitmen memberikan layanan terbaik di bidang restorasi (pemugaran), proteksi dan perawatan material lantai serta dinding (marmer, granit dan lainnya) dengan penggunaan bahan-bahan berkualitas tinggi dan teknisi terbaik dan terpercaya untuk menghasilkan pekerjaan yang rapi.

Kemilau Marmer memilih teknisi yang telah berpengalaman selama puluhan tahun serta pelayanan yang maksimal untuk memberikan pengalaman terbaik serta kepuasan pada pelanggan. Anda dapat melihat portofolio hasil kerja kami di sini.

Tertarik untuk menggunakan jasa poles marmer dari Kemilau Marmer? Pesan layanan kami sekarang atau hubungi kami di 081298532189.

Yuk, kembalikan kilau lantai rumah Anda bersama Kemilau Marmer!