Tips Merawat Lantai Marmer Agar Tetap Berkilau

Tips Merawat Lantai Marmer Agar Tetap Berkilau

Salah satu jenis lantai yang sering digunakan orang adalah marmer. Lantai marmer memang terkenal dengan motif yang menarik, elegan dan juga mewah sehingga dapat menampilkan kesan tersendiri pada ruangan. Karena kualitasnya yang luar biasa, lantai marmer biasanya dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

Lantai marmer pun terkenal dengan perawatannya yang mudah. Meski begitu, Anda juga harus berhati-hati dalam merawatnya, karena jika salah langkah, marmer yang sebelumnya cantik justru bisa menjadi rusak.

(Baca juga: Kenali Berbagai Jenis Lantai, Penting untuk Interior Designer)

Lalu, seperti apa sih cara membersihkan lantai marmer yang tepat? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

#1 Pel dengan Air Panas

Mengepel lantai marmer dengan air panas akan lebih efektif dibanding menggunakan air biasa. Air panas terbukti lebih baik dalam membersihkan kotoran. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak larutan keras yang justru membuat lantai rusak.

Selain itu, usahakan Anda menggunakan air suling, yaitu air yang sudah menghilangkan kandungan mineral dan kotoran di dalamnya.

#2 Gunakan Detergen dengan pH Netral

Penggunaan sabun dengan pH netral ini bertujuan agar lantai marmer tidak mudah rusak. Campurkan detergen dengan air yang sudah dipanaskan dan ikuti petunjuk yang sudah diberikan.

Hindari penggunaan detergen berkandungan asam yang bisa menggores dan memudarkan kilau marmer Anda.

#3 Gunakan Kain Pel yang Lembut

Ada baiknya jika kain pel yang digunakan terbuat dari bahan microfiber. Selain lebih aman untuk lantai marmer, microfiber juga bermuatan positif sehingga dapat menarik material bermuatan negatif seperti kotoran dan lemak.

#4 Bersihkan Lantai Setelah Tertumpah Cairan

Segera bersihkan lantai marmer yang terkena cairan. Karena marmer merupakan batu yang relatif berpori, membiarkan air terlalu lama menempel atau bahkan membiarkannya hingga kering sendiri dapat mengakibatkan air menyerap dan membuat marmer ternoda atau berubah warna.

#5 Lindungi dengan Sealant

Sealant merupakan bahan yang digunakan untuk melindungi marmer agar terhindar dari noda. Aplikasikan secara berkala agar kilau marmer tetap terjaga. Biasanya, sealant diaplikasikan setiap 3-5 tahun sekali, tergantung produk dan penggunaannya.

Namun, jika Anda merasa kesulitan untuk melakukannya, Anda bisa menghubungi layanan profesional. Kemilau Abadi Marmer merupakan salah satu layanan jasa restorasi (pemugaran), poles, proteksi, serta perawatan marmer, granit, teraso, ubin tegel, acian, beton dan keramik premium yang bisa Anda pilih untuk mempercantik lantai marmer Anda.

#6 Gunakan Felt Pad

Felt pad merupakan sejenis bantalan berbahan flanel yang berfungsi untuk menghilangkan lecet pada lantai. Caranya, cukup celupkan bantalan ke dalam campuran air dan detergen. Setelah itu gosok marmer dengan lembut hingga lecetnya hilang.

#7 Hati-Hati Menggunakan Vacuum Cleaner

Berhati-hatilah saat menggunakan alat pembersih debu. Tahukah Anda bahwa plastik pada roda penghisap debu bisa membuat lantai tergores? Anda tentu tidak mau lantai marmer jadi rusak karena hal ini bukan?

Itulah beberapa tips merawat lantai marmer agar tetap berkilau. Tidak sulit ‘kan?

Jika Anda terlalu sibuk mengurus lantai marmer di rumah, cukup serahkan kepada ahlinya. KemilauMarmer.com akan mengembalikan dan menjaga lantai rumah dan bangunan Anda tetap berkilau!