6 Tips Mudah Merawat Lantai Kayu Agar Tetap Awet

6 Tips Mudah Merawat Lantai Kayu Agar Tetap Awet

Lantai kayu atau lebih sering disebut parket cukup banyak digunakan orang Indonesia. Selain untuk memberikan kesan natural pada hunian, parket juga dapat memberikan nuansa hangat pada ruangan. Parket juga sering digunakan untuk menghadirkan gaya hunian Scandinavia.

Anda yang ingin menggunakan parket di hunian, perlu diketahui bahwa jenis lantai ini cukup berisiko cepat rusak karena kayu merupakan bahan yang mudah lapuk jika tidak dirawat dengan baik.

            (Baca juga: Yakin Mau Menggunakan Parket? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!)

Lalu, bagaimana cara merawat lantai kayu atau parket yang benar agar awet dan tahan lama? Berikut ulasannya.

Rutin Menyapu Lantai

Tak hanya parket, menyapu adalah perawatan dasar semua jenis lantai yang harus Anda lakukan. Sapu lantai secara rutin setiap hari untuk menghindari debu menempel. Gunakan sapu berbahan lembut agar tidak merusak permukaan lantai. Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner agar lebih mudah mengangkat noda.

Pel Lantai

Anda tidak perlu terlalu sering mengepel parket karena berisiko merusak lantai. Cukup pel lantai sebulan sekali atau ketika Anda merasa lantai benar-benar perlu dibersihkan. Pel parket menggunakan kain pel lembut dan air hangat. Setelah itu, pel kembali menggunakan lap kering.

Lapisi Kaki Furnitur

Untuk mencegah lantai parket tergores saat Anda menggeser furnitur, ada baiknya jika Anda meletakkan kain di bawah kaki-kaki furnitur.

Hindari Dari Sinar Matahari Langsung

Salah satu kekurangan menggunakan lantai kayu adalah warnanya mudah pudar, apalagi jika terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung. Untuk menghindarinya, Anda bisa memasang gorden pada sumber-sumber masuknya sinar matahari.

Bersihkan Dengan Cuka

Salah satu alternatif bahan yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan noda kusam atau lumpur pada lantai parket adalah cuka. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 60 ml : 1000 ml. Bersihkan menggunakan lap basah kemudian bersihkan kembali menggunakan lap kering.

Rutin Melakukan Poles

Cara terakhir yang harus Anda lakukan untuk menjaga lantai parket tetap bersih dan mengkilap adalah dengan melakukan poles secara rutin, minimal 1 tahun sekali. Pemolesan ulang akan membuat lantai parket lebih awet.

            (Baca juga: Cari Jasa Poles Marmer? Ini Harus Diperhatikan)

Salah satu jasa poles lantai yang bisa Anda andalkan untuk membuat parket Anda kembali bersih dan berkilau adalah Kemilau Marmer. Kami adalah penyedia jasa poles marmer terpercaya di Jakarta yang berkomitmen memberikan layanan poles terbaik, dengan penggunaan bahan berkualitas tinggi dan SDM terbaik.

Kemilau Marmer menyediakan jasa poles untuk semua jenis lantai, baik parket, marmer, granit, teraso, dan lainnya. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas kami karena sudah banyak customer yang puas dengan hasil kerja kami.

Tertarik menggunakan jasa poles Kemilau Marmer? Hubungi 081298532189 atau buat pesanan Anda di sini.

Ingin berkonsultasi mengenai masalah lantai? Konsultasikan dengan kami di sini.