Tips Memilih Marmer Berkualitas

Tips Memilih Marmer Berkualitas

Marmer merupakan salah satu material yang cukup sering digunakan. Umumnya, material ini diaplikasikan untuk lantai dan top table. Tapi tak jarang marmer juga digunakan sebagai material barang-barang artistik seperti patung, vas bunga, dan lainnya.

Material marmer dipilih karena daya tahannya tinggi serta kesan mewah dan elegan yang ditimbulkan. Meskipun harganya terbilang mahal, material ini tetap banyak diminati masyarakat. Karena itulah, lantai marmer mudah ditemukan hampir di seluruh Indonesia, mulai dari jenis lokal hingga import.

Meski terkenal dengan tampilan dan daya tahan yang baik, Anda tetap harus mempertimbangkan beberapa hal saat memilih material ini. Kemilau Marmer telah merangkum beberapa tips memilih marmer berkualitas.

1. Perhatikan Motifnya

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah motif atau corak. Tahukah Anda, motif marmer terbentuk secara alami sehingga bentuknya tidak pernah pernah beraturan atau cenderung abstrak. Hal ini mungkin akan menyulitkan Anda saat menentukan motif yang seragam.

Nah, disinilah tantangannya. Pilihlah marmer dengan motif serat dan warna yang serupa. Memang tidak akan sama persis. Tetapi ketidakserasian inilah yang menjadikan lantai marmer tampak menarik.

            (Baca juga: Marmer Lokal vs Marmer Import, Anda Pilih Mana?)

2. Kandungan Unsur Material

Beberapa kandungan yang terkandung pada marmer adalah mineral, kapur, dan zat besi. Marmer dengan kualitas yang baik mengandung 3 unsur tersebut dengan jumlah yang seimbang. Untuk mengetahuinya, mintalah produsen untuk melakukan uji teknis terhadap kandungan material. Atau Anda juga bisa meminta beberapa sampel marmer berdasarkan tingkat kualitasnya.

3. Perhatikan Tekstur

Batuan marmer terbentuk secara alami melalui proses metamorfosa batu gamping yang menghasilkan motif dan warna yang indah. Selain itu, setiap marmer juga memiliki tekstur yang berbeda lho. Tekstur marmer alami biasanya lebih halus dan kuat sehingga harganya cenderung tinggi . Sementara marmer buatan tangan lebih kasar dan mudah rusak sehingga harganya bisa dikatakan lebih murah.

            (Baca juga: Jenis-Jenis Marmer Terpopuler di Indonesia)

4. Sesuaikan Warna Dengan Fungsi Ruangan

Selain melihat kualitas marmer, Anda juga harus memperhatikan apakah marmer yang dipilih sesuai dengan fungsi ruangan. Misalnya untuk ruang tamu, Anda bisa memilih marmer berwarna putih atau cream yang dapat memberikan kesan luas dan hangat. Sementara untuk kamar tidur, Anda bisa menggunakan marmer dengan warna yang lebih gelap seperti hitam atau abu-abu.

Selain itu, Anda juga bisa memilih warna berdasarkan desain hunian Anda. Misalnya, hunian Scandinavian lebih cocok menggunakan marmer berwarna putih, dan sebagainya.

            (Baca juga: Ini Alasannya Anda Harus Poles Lantai Secara Rutin)

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih lantai marmer. Semoga informasi tersebut dapat membatu sobat Kilau dalam memilih marmer yang berkualitas dan tepat untuk hunian ya. Good luck!