Kelebihan & Kekurangan Lantai Marmer yang Harus Anda Tau

Kelebihan & Kekurangan Lantai Marmer yang Harus Anda Tau

Marmer merupakan salah satu jenis lantai yang sering digunakan baik untuk hunian, hotel maupun perkantoran. Alasan sebagian orang memilih lantai marmer adalah karena kesan mewah yang ditampilkan.

Marmer sendiri merupakan batuan alami yang terbentuk dari metamorfosa batu gamping. Guratan serta motifnya yang indah juga berasal dari proses ini. Biasanya, marmer ditambang dalam potongan yang besar kemudian dipotong menjadi lempengan. Selanjutnya marmer diasah dan dipoles agar mengkilap.

Peminat lantai marmer hampir tidak pernah sepi. Namun jika Anda kini tengah berencana untuk menggunakan marmer pada hunian, ada baiknya jika Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan jenis lantai yang satu ini. Di bawah ini Kemilau Marmer telah merangkumnya untuk Anda.

            (Baca juga: Marmer Lokal vs Marmer Import, Anda Pilih Mana?)

Kelebihan Lantai Marmer

Kuat & Tahan Lama

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, marmer merupakan batuan alami sehingga tak heran jika jenis lantai ini memiliki daya tahan yang tinggi. Marmer juga mudah beradaptasi dengan iklim serta tidak mudah tergores sehingga cocok digunakan untuk eksterior ruangan.

Perawatannya Mudah

Lantai marmer tergolong mudah dalam hal perawatan. Diperlukan waktu lama bagi batu marmer untuk menjadi kusam. Untuk perawatan sehari-hari, Anda cukup membersihkan selayaknya lantai biasa dengan cara menyapu dan mengepel. Hidari penggunaan bahan kimia abrasif karena cairan ini akan membuat warna marmer berubah kusam.

Jika marmer sudah terlihat kusam, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan poles. Tapi ingat, poles marmer harus dilakukan oleh teknisi yang sudah berpengalaman agar hasilnya rapi dan kinclong.

Banyak Variasi

Seperti yang kita tau, marmer memiliki motif yang cenderung berbentuk seperti guratan atau urat. Guratan-guratan ini tersusun dari kandungan mineral-mineral yang berkilau. Banyaknya kandungan mineral inilah yang membuat tampilan setiap marmer berbeda atau bervariasi.

            (Baca juga: Jenis-Jenis Marmer Terpopuler di Indonesia)

Cocok Untuk Semua Ruangan

Lantai marmer bisa digunakan si semua ruangan, mulai dari teras, ruang tamu, dapur, bahkan kamar mandi. Anda bisa memilih variasi marmer yang sesuai untuk setiap ruangan. Misalnya untuk kamar mandi, Anda tidak terlalu membutuhkan marmer dengan motif yang terlalu ramai.

Tahan Panas

Tahukah Anda bahwa marmer dapat memberikan efek sejuk pada ruangan? Batuan ini memiliki sifat anti panas, bahkan hampir tidak dapat dibakar. Karena itulah, lantai marmer sebenarnya sangat cocok digunakan untuk negara beriklim tropis seperti Indonesia.

Kekurangan Lantai Marmer

Licin

Permukaan marmer yang rata membuatnya cenderung lebih licin. Anda yang tinggal bersama anak-anak dan manula harus berhati-hati agar tidak terjadi insiden terpeleset di dalam rumah.

            (Baca juga: Yakin Mau Menggunakan Parket? Ketahui Dulu Kelebihan & Kekurangannya!)

Harganya Relatif Mahal

Karena warna dan motifnya yang cantik, marmer pun dibanderol dnegan harga yang tidak murah. Harganya bisa sampai 3 kali lebih mahal dari keramik biasa atau bahkan lebih. Namun harga ini tentunya sebanding dengan kualitas yang akan Anda dapatkan.

Sulit Diperbaiki

Meski memiliki daya tahan tinggi, bukan berarti marmer tidak bisa rusak. Kerusakan ini bisa berupa retak, berlubang, hingga patah. Untuk memperbaikinya, Anda bisa mengandalkan jasa poles dan perbaikan lantai marmer. Teknisi akan menambal bagian yang rusak menggunakan resin. Jika Anda tidak menginginkan hal ini, maka jalan keluarnya hanyalah mengganti dengan marmer baru. Karena itulah, marmer harus dijaga sebaik mungkin.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan lantai marmer yang harus Anda tau. Bagaimana, tertarik untuk menggunakan marmer di rumah?