Jenis-Jenis Pelapis Kayu yang Buat Lantai Parketmu Makin Menarik

Jenis-Jenis Pelapis Kayu yang Buat Lantai Parketmu Makin Menarik

Parket menjadi salah satu jenis lantai yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Lantai yang berbahan dasar kayu ini banyak dipilih karena memberikan kesan hangat pada hunian. Selain itu, parket juga menambah keindahan dengan kesan natural yang dimilikinya.

Sobat Kilau tentu tau kalau bahan kayu tidak bisa bertahan lama jika tidak dirawat dengan baik. Karena itu, parket harus diberi lapisan khusus untuk menjaganya tetap bersih dan indah. Ada beberapa jenis pelapis kayu yang bisa Anda gunakan untuk melapisi parket. Bukan hanya melindungi, beberapa pelapis ini juga akan menambah keindahan lantai lho.

Minyak Kayu Jati

Rustic merupakan gaya hunian interior yang menitikberatkan kesan alami dengan membiarkan material-materialnya terlihat unfinished. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menampilkan kesan rustic pada hunian, salah satunya dengan memberikan minyak kayu jati pada lantai parket atau furnitur berbahan kayu lainnya.

            (Baca juga: 6 Tips Mudah Merawat Lantai Kayu Agar Tetap Awet)

Minyak jati bekerja dengan meresap ke dalam pori-pori kayu sehingga membuatnya tetap terlihat seperti bentuk asli. Sangat cocok untuk menampilkan kesan rustic pada ruangan.

Kelemahan dari pelapis ini adalah Anda harus melapisinya secara rutin karena minyak kayu jati tidak tahan terhadap air dan goresan serta lebih mudah kusam.

Nitro Cellulose (NC)

Jika Anda lebih menyukai hal-hal yang terlihat rapi, mungkin inilah bahan pelapis kayu yang tepat untuk Anda.  Dengan mencampurkan cairan Nitro Cellulose dan alcohol, Anda bisa mendapatkan permukaan parket yang halus dan licin. Bahan ini juga lebih tahan air dibanding minyak kayu jati. Namun mudah terkelupas jika diletakkan di bawah sinar matahari.

            (Baca juga: Yakin Mau Menggunakan Parket? Ketahui Dulu Kelebihan & Kekurangannya!)

Pernis

Pernis sangat cocok untuk Anda yang ingin menampilkan kesan natural pada hunian. Pelapis ini membuat kayu terlihat matte dan mengkilap. Selain itu, pelapis ini juga tahan air dan sinar matahari sehingga cocok digunakan di luar ruangan. Tapi, Anda tetap harus mengaplikasikannya secara rutin untuk menjaga warna dan kilapnya.

Politur

Selain pernis, Anda juga bisa menggunakan politur untuk menghasilkan tampilan lantai parket yang kinclong. Politur merupakan pelapis berisi serlak berupa serpihan. Cara mengaplikasikannya cukup dengan melarutkannya dengan alcohol dan dipoles pada permukaan lantai menggunakan kain. Politur membuat kayu semakin tebal dan mengkilat serta menghasilkan lapisan film pada kayu.

Itulah beberapa jenis pelapis kayu yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik lantai parket.

            (Baca juga: Poles Marmer, Kenapa Harus Kemilau Marmer?)

Tapi, merawat lantai bukan hanya dengan memberi pelapis saja lho. Untuk memaksimalkan keindahannya, lantai perlu dipoles secara rutin. Saat ini, banyak vendor poles marmer yang bia Anda temukan, khususnya di kawasan Jakarta. Namun, tak banyak yang bisa dipercaya.

Salah satu jasa poles marmer Jakarta yang bisa diandalkan adalah Kemilau Marmer. Kemilau Abadi Marmer adalah unit usaha di bidang jasa restorasi (pemugaran), poles, proteksi, serta perawatan marmer, granit, teraso dan lainnya, yang berkomitmen memberikan layanan terbaik dengan penggunaan bahan berkualitas tinggi dan SDM terbaik untuk menghasilkan pekerjaan yang berkilau juga rapi.

Tertarik menggunakan jasa poles marmer dari Kemilau Marmer? Hubungi kami di 081298532189 atau langsung pesan layanan kami di sini.