Tips Merawat Lantai Keramik Agar Tetap Kinclong

Tips Merawat Lantai Keramik Agar Tetap Kinclong

Memiliki lantai keramik yang bersih, mengkilap, mulus, dan terawat tentunya menjadi keinginan kita semua. Tentu saja setiap hari Anda harus selalu menyapu dan mengepel, namun apakah dengan cara seperti itu akan membuat lantai rumah menjadi mengkilap dan enak dipandang? Dan apa kata tetangga yang datang bertamu jika lantai rumah Anda terlihat kusam?

Jangan khawatir sobat Kilau! Di bawah ini terdapat beberapa tips merawat lantai keramik agar tetap mengkilap menggunakan cara yang sederhana. Yuk intip tipsnya!

Sering menyapu lantai

Biasakan untuk sering menyapu lantai keramik rumah Anda ya. Debu dan kotoran seperti pasir atau kerikil kecil yang menumpuk terlalu lama akan menyebabkan keramik tergores. Jika tidak dibersihkan, hal ini dapat memudarkan warna keramik.

Mengepel Lantai

Mengepel lantai wajib dilakukan setiap hari lho sobat Kilau! Pel lantai setiap hari agar keramik terlihat bersih dan terawat. Anda juga bisa mengepel keramik menggunakan air hangat atau menggunakan air bersih biasa. Kotoran yang membandel dapat dihilangkan dengan air hangat.

Tambahkanlah cairan pembersih agar lantai semakin bersih dan wangi. Hindari penggunaan cairan berbahan kimia tinggi yang terlalu banyak ya, karena akan meninggalkan sisa deterjen di lantai yang membuat lantai lengket dan cepat kotor.

Gunakan kain pel lantai berdaya serap tinggi

Gunakanlah lap pel yang bersih dan kain pel dengan daya serapnya yang tinggi, Anda juga harus rajin mengganti air jika sudah kotor ya. Hindari pembersih lantai yang mengandung asam, karena dapat menyebabkan lapisan keramik mudah terkikis dan tidak mengkilat lagi.

Tambahkan sedikit Acid

Jika lantai sudah sangat kotor, Anda bisa menggunakan pembersih acid. Namun jangan gunakan secara murni ya. Campurlah acid dengan sedikit air, setelah digunakan langsung bilas keramik dengan air bersih lalu keringkan setelah dibilas.

Gunakan Alat Pembersih Yang Lembut

Gunakanlah alat pembersih yang berbahan lembut dan hindari alat pembersih abrasive. Jika Anda terpaksa menggunakan alat pembersih abrasive, usahakan jangan terlalu kasar karena dapat mengikis permukaan keramik.

Mengepel lantai dari Pinggir

Mulailah mengepel lantai keramik dari pinggir, setelah itu barulah sudut terjauh ruangan dengan cara mundur perlahan. Don’t forget untuk mengganti air pembilasan agar lantai bersih dan wangi.

Perhatikan lantai luar ruangan

Keramik di luar ruangan akan terkena panas matahari secara langsung yang akan menyebabkan lantai mudah kotor dan berkerak. Sebaiknya, sering-seringlah dibersihkan. Jika lantai berkerak, gunakanlah obat pembersih yang mengandung asam tidak terlalu tinggi. Caranya, cukup sikat bagian lantai yang berkerak kemudian bilas dengan air bersih dan jangan lupa keringkan kembali ya.

Nah, ini dia bahan tambahan alternatif yang bisa Anda gunakan lho!

Campuran cuka

Inilah tips untuk menghilangkan warna kusam pada lantai keramik berwarna putih. Caranya cukup tuangkan larutan cuka pada bagian lantai yang kusam dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, gosok permukaan lantai menggunakan kain kering sampai mendapatkan kembali warna asli dari lantai keramik putih. Untuk menghilangkan aroma cuka pada lantai, Anda dapat menggunakan larutan pewangi.

Tepung terigu

Anda bisa menggunakan tepung terigu untuk keramik yang memiliki noda akibat cipratan minyak lho! Caranya, taburkanlah terigu pada lantai yang terdapat noda. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 5 menit. Secara perlahan tepung terigu akan menyerap minyak yang ada di lantai. Gosoklah lantai tersebut menggunakan kain kering dan bilas kembali menggunakan kain basah.

Nah, sederhana sekali bukan? Bersihkanlah lantai secara rutin agar lantai bersih dan bebas dari kuman sehingga membuat rumah menjadi nyaman.