Tips Memilih Lantai yang Tepat Sesuai Fungsi Ruangan

Tips Memilih Lantai yang Tepat Sesuai Fungsi Ruangan

Salah satu hal yang diperhatikan dalam mendesain interior hunian adalah lantai. Elemen ini menjadi salah satu hal penting karena dapat mempengaruhi kenyamanan ruangan. Meskipun dipasang pada tahap akhir konstruksi, pemilihan lantai tentu tidak bisa dilakukan secara mendadak.

Biasanya, orang lebih memperhatikan desain saat memilih lantai.  Padahal, Anda juga harus memperhatikan kualitas materialnya, seperti ketahanan terhadap pemakaian harian, kelembaban, dan juga keawetan warna.

(Baca juga: Kenali Berbagai Jenis Lantai, Penting Untuk Interior Designer)

Memilih lantai pun harus disesuaikan dengan fungsi setiap ruangan lho. Lantai untuk dapur dan kamar mandi tentu berbeda. Lalu, bagaimana cara memilih lantai yang tepat agar fungsi suatu ruangan tetap berjalan dengan baik? Kemilau Marmer sudah merangkumnya untuk Anda.

Ruang Tamu

Pada dasarnya, Anda bisa memilih motif, tekstur atau warna apapun yang Anda inginkan, dengan syarat lantai yang dipilih harus serasi dengan tema ruangan. Jangan memilih lantai yang warnanya melenceng jauh dari warna dinding atau furnitur.

Untuk hunian bergaya minimalis, Anda bisa memilih lantai berwarna netral seperti abu-abu, hitam, putih, atua bahkan metalik. Menonjolkan sisi lantai juga bukan ide yang buruk lho, Sobat Kilau!

Dapur

Lantai yang dipilih untuk area dapur harus memiliki ketahanan lebih terhadap air dan juga cairan bersifat asam seperti cuka dan jeruk lemon. Ada baiknya jika Anda memilih lantai berpermukaan halus atau tidak bertekstur karena hal ini dapat menyebabkan kotoran mudah terselip.

(Baca juga: 7 Tren Dinding Keramik Masa Kini. Anda Pilih Mana?)

Kamar Tidur

Kamar tidur biasanya memiliki aura yang hangat. Karena itulah, parket atau lantai kayu dapat menjadi piihan untuk menambah kenyamanna dan kehangatan kamar Anda. Meskipun lebih populer di negara empat musim, tak ada salahnya lho jika Anda juga menerapkan desain lantai ini pada hunian.

Jika Anda ingin menggunakan keramik, ada baiknya jika Anda memilih warna netral seperti putih, cream, biru muda dan warna sejenis lainnya. Anda pun dapat menambahkan karpet lembut untuk menambah kenyamanan ruangan.

Kamar Mandi

Saat memilih lantai untuk kamar mandi, pastikan Anda memilih bahan anti selip dan tahan air. Keramik atau lantai batu alam dapat menjadi pilihan yang ideal untuk digunakan pada ruangan ini. Hindari penggunaan teraso karena jenis ubin satu ini tidak tahan dengan kondisi lembab sehingga mudah berjamur dan dapat menyebabkan lantai licin.

Itulah beberapa tips memilih lantai sesuai fungsi ruangan. Nah, jika lantai di hunian Anda sudah mulai kusam dan berubah warna, itu tandanya Anda harus segera melakukan poles. Untuk urusan poles lantai marmer, granit, dan jenis lainnya, serahkan pada Kemilau Marmer! Kami akan membantu Anda mengatasi semua masalah pada lantai.