Pentingnya Rutin Membersihkan Kamar Mandi Bagi Kesehatan

Pentingnya Rutin Membersihkan Kamar Mandi Bagi Kesehatan

Kamar mandi merupakan ruangan yang paling krusial bagi sebuah hunian. Fungsi utama kamar mandi adalah sebagai tempat membersihkan diri serta untuk buang air besar maupun kecil. Saking pentingnya, banyak orang yang mendesain kamar mandinya sedimikian rupa agar lebih nyaman saat digunakan.

Namun, untuk menciptakan kenyamanan ini bukan hanya dengan mempercantik ruangan saja, tapi juga dengan menjaga kebersihannya.

Sebenarnya, menjaga kebersihan toilet bukan hanya bertujuan agar ruangan nyaman digunakan, namun juga untuk menghindari segala kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi, misalnya dalam hal kesehatan. Karena toilet identik sebagai tempat membuang “kotoran”, maka perawatan kebersihannya pun harus lebih sering dilakukan dibanding ruangan lain.

(Baca juga: Tips Mudah Membersihkan Lantai Marmer & Granit)

Lalu, apa saja sih manfaat membersihkan kamar mandi bagi kesehatan? Simak ulasan yang sudah Kemilau Marmer rangkum untuk sobat Kilau di bawah ini.

#1 A Clean Bathroom Produces a Healthy Body

Ya, kamar mandi yang bersih akan menghasilkan tubuh yang sehat.

Tahukah Anda bahwa toilet dapat menjadi tempat bagi virus dan bakteri untuk berkembang biak? Beberapa bakteri yang biasanya hidup di kamar mandi adalah E. coli, hepatitis, influenza, streptococcus dan salmonella.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap toilet di San Diego State University, California mengatakan bahwa ruangan ini tidak pernah bebas dari bakteri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kamar mandi akan kembali terkontaminasi oleh virus dan bakteri bahkan setelah dilakukan pembersihan dan disinfektan 1 jam sebelumnya.

Coba bayangkan, jika bakteri bisa terus berkembang bahkan dalam 1 jam setelah dibersihkan, apa jadinya jika Anda jarang membersihkan toilet di rumah?

Karena itulah, bersihkan kamar mandi secara rutin. Tidak harus setiap hari, Anda bisa melakukannya 2-3 kali dalam seminggu. Tujuannya tentu untuk menghindari virus dan bakteri berkembang dan menjangkiti Anda, mengingat kamar mandi pasti digunakan setiap hari.

 #2 Reduce The Risk of Contracting The Disease

Menjaga kebersihan kamar mandi akan mengurangi risiko untuk terjangkit penyakit. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamar mandi dipenuhi oleh virus dan bakteri yang dapat menjadi penyebab penyakit ketika tubuh Anda tidak dalam keadaan fit.

Saat membersihkan toilet pun Anda harus melakukannya secara menyeluruh karena bakteri bisa berada di setiap sudut ruangan, mulai dari lantai, dinding, shower, keran, tirai, bahkan hingga gagang pintu.

#3 Eliminating Bad Odor

Selanjutnya, rutin membersihkan kamar mandi bertujuan untuk menghilangkan bau tak sedap.

Ini memang bukan hal yang perlu diragukan lagi. Sebagai tempat membuang “kotoran”, tak jarang toilet menimbulkan aroma tak sedap, apalagi jika Anda atau anggota keluarga lain baru saja mengonsumsi makanan yang memicu semakin buruknya aroma feses yang dikeluarkan.

Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi dalam jangka waktu lama bukan?

(Baca juga: Tips Merawat Lantai Marmer Agar Tetap Berkilau)

#4 Protect Your Bathroom From Moisture

Tujuan selanjutnya adalah untuk melindungi ruangan dari kelembaban. Tahukah Anda, ruangan yang lembab merupakan tempat yang disenangi lumut dan jamur untuk tumbuh. Selain itu, kamar mandi bersuhu lembab juga bisa menimbulkan kerak pada dinding.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan exhaust fan atau kipas elektronik yang berfungsi untuk mengeluarkan udara dari dalam kamar mandi.

Itulah beberapa alasan pentingnya membersihkan toilet secara rutin. Tips dari kami, jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk melakukan toilet cleaning sendiri, Anda bisa menggunakan jasa pembersih kamar mandi profesional dan terpercaya.