Kelebihan Granit Buatan yang Jarang Orang Tau

Kelebihan Granit Buatan yang Jarang Orang Tau

Sebagai salah satu unsur penting dalam sebuah hunian, lantai merupakan salah satu faktor yang sangat diperhatikan. Selain menjalankan fungsi utamanya menunjang aktivitas dalam ruangan dan membentuk karakter ruang, lantai juga digunakan untuk mempercantik hunian. Karena itulah, banyak produsen lantai yang mengembangkan motif serta desain lantai agar semakin menarik dan tidak monoton.

            (Baca juga: Jangan Ketuker Lagi, Ini bedanya Marmer, Granit, dan Granitile)

Beberapa jenis lantai yang menjadi primadona adalah marmer dan granit. Kedua jenis lantai ini terkenal dengan motifnya yang cantik serta kesan mewah yang diberikan. Keunggulan lainnya adalah sifatnya yang dapat membawa kesan sejuk pada hunian.

Namun karena harganya dapat dikatakan cukup tinggi, penjualannya pun tidak bisa menjangkau semua kalangan. Mungkin hanya kalangan menengah ke atas yang bisa menggunakan jenis lantai ini.

Namun dengan semakin berkembangnya zaman, muncul inovasi agar semakin banyak orang yang bisa menggunakan lantai granit. Kini Anda bisa menemukan granit buatan atau lebih dikenal sebagai granit tile yang proses pembuatannya mirip dengan keramik.

Kerap dipandang sebelah mata karena dianggap dianggap tiruan, sebenarnya granit tile memiliki beberapa kelebihan lho. Apa sajakah? Berikut ulasannya.

Kelebihan Granit Tile

#1 Kuat

Salah satu hal yang diragukan orang sehingga mereka tidak memilih granit adalah bahannya yang dianggap kurang kokoh sehingga tidak kuat menopang benda berat. Faktanya, granit buatan memiliki kekuatan yang cukup baik lho.

Saat proses pembuatan, granit tile dibakar pada suhu 1.230 derajat Celcius dan melewati proses press dengan kekuatan 7.200 PH. Berkat proses ini, granit tile dapat menopang beban hingga 500 kg/m2.

#2 Tampilan Mewah

Karena merupakan tiruan dari lantai granit, maka granit tile juga memiliki tampilan yang tak kalah mewah. Bahkan motifnya bisa lebih banyak dari aslinya. Meski motifnya tidak terbentuk secara alami alias hanya buatan, Anda tidak perlu khawatir karena lantai ini tetap akan membuat hunian terlihat mewah.

#3 Perawatannya Mudah

Lain halnya dengan granit yang merupakan batuan alami dan berpori, granit tile tidak memiliki pori sehingga lebih tahan terhadap air, tidak mudah lembab dan tidak mudah kusam. Perawatannya juga cukup dengan disapu dan dipel menggunakan air bersih.

Yang harus Anda perhatikan, hindari granit tile dari pembersih berbahan kimia keras. Karena jika sudah rusak, lantai tidak bisa diperbaiki dan harus diganti.

            (Baca juga: Kelebihan & Kekurangan Lantai Marmer yang Harus Anda Tau)

#4 Tahan Lama

Berbeda dengan keramik yang hanya dilapisi glasur, granit tile juga melalui proses pemolesan. Hal ini bertujuan agar lantai tidak mudah rusak ketika tergores. Tapi Anda harus tetap menjaga lantai agar tidak terkena goresan barang berat.

#5 Harga Lebih Terjangkau

Dibanding dengan lantai granit asli yang dibanderol dengan harga yang tidak murah, granit tile bisa Anda dapatkan dengan harga yang jauh lebih murah. Namun, harga yang ditawarkan tentunya sebanding dengan kualitasnya ya.

Itulah beberapa kelebihan granit buatan atau granit tile yang jarang orang tau. Bagaimana, tertarik untuk menggunakan lantai ini, atau lebih memilih granit asli? Tentu semuanya disesuaikan kembali dengan keinginan dan kemampuan sobat Kilau.