Jadi Tuan Rumah Bukber? Ini Lho 7 Hal yang Harus Anda Siapkan

Jadi Tuan Rumah Bukber? Ini Lho 7 Hal yang Harus Anda Siapkan

Bukber atau buka puasa bersama merupakan salah satu tradisi yang selalu dilakukan orang Indonesia selama bulan Ramadhan. Kegiatan ini biasanya dimanfaatkan sebagai sarana untuk bersilaturahmi dengan kerabat atau teman yang sudah lama tidak ditemui.  Bukber biasanya dilaksanakan di restoran, café, atau di rumah salah satu peserta.

Rumah memang tempat paling tepat untuk melaksanakan buka puasa bersama. Tapi, bagaimana jadinya jika Anda yang menjadi tuan rumah untuk acara ini? Tentunya Anda harus menyiapkan banyak hal untuk menyambut para tamu yang datang.

            (Baca juga: 7 Tips Hemat Tenaga Bersih-Bersih Rumah Saat Berpuasa)

Nah, untuk Anda yang ditunjuk sebagai tuan rumah acara buka puasa bersama, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda siapkan.

1. Pastikan Jumlah Tamu yang Datang

Sebelum Anda mempersiapkan segala hal lebih jauh, Anda harus memastikan berapa orang yang akan menghadiri acara ini. Adakah tamu yang akan mengajak anggota keluarga lain? Informasi ini tentu sangat penting untuk memprediksi banyaknya makanan yang akan Anda hidangkan.

2. Buat Menu & Siapkan Bahan Masakan

Catat menu apa saja yang akan Anda sajikan untuk buka puasa. Anda bisa mulai membeli bahan yang pada H-1 dan menyimpannya di kulkas. Dengan begini, Anda tidak perlu repot menentukan menu dan belanja pada hari-H bukber.

Agar lebih hemat waktu, Anda juga bisa mulai mencicil memasak beberapa jenis makanan kering atau yang bisa diawetkan. Misalnya, kentang balado kering, ayam ungkep, dan lain sebagainya.

3. Pastikan Peralatan Makan Cukup

Hal penting yang harus Anda perhatikan juga adalah kelengkapan alat makan. Hitung jumlah piring, mangkok, sendok, garpu dan gelas yang Anda miliki. Pastikan semuanya cukup untuk digunakan oleh semua tamu yang datang.

Jika jumlah peralatan makan Anda tidak cukup untuk meng-cover semua tamu yang datang, Anda bisa membeli peralatan makan berbahan plastik seperti mangkok dan gelas plastik. Selain lebih mudah, harga peralatan makan plastik juga murah lho.

            (Baca juga: Bulan Ramadhan Tiba! Apa Saja yang Harus Disiapkan)

4. Tata Ulang / Redecorate Hunian

Anda tentunya ingin membuat para tamu yang datang merasa nyaman ketika datang ke rumah Anda bukan? Nah, mendekorasi ulang ruangan adalah hal yang harus dilakukan. Anda bisa memberikan beberapa gambar atau pajangan bernuansa Ramadhan untuk menambah aksen dekoratif pada hunian.

Perlu diingat juga, karena akan ada banyak orang yang datang, Anda pun harus menyingkirkan sejenak beberapa furnitur yang memakan banyak tempat seperti sofa dan meja tamu.

4. Rangkai Susunan Acara

Agar acara berjalan dengan lancar dan tidak membosankan, buatlah susunan acara yang rapi, menyenangkan dan mengesankan. Anda bisa menambahkan beberapa kegiatan seperti game sebelum buka puasa, shalat berjamaah, dan bermaaf-maafan di akhir acara.

5. Siapkan Ruang Shalat

Jika rumah Anda jauh dari masjid atau musholla, siapkan tempat atau ruangan untuk shalat. Para tamu pastinya ingin melaksanakan shalat dengan mudah tanpa harus repot mencari masjid terdekat.

6. Bersihkan Toilet

Toilet tentunya akan menjadi tempat yang sering dikunjungi para tamu, terlebih jika tempat wudhu terletak di sana. Karena itulah, kenyamanan kamar mandi juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Anda bisa membersihkan toilet sendiri atau menggunakan jasa cleaning toilet profesional. Kemilau Marmer merupakan salah satu penyedia jasa cleaning toilet yang berbasis di Jabodetabek. Anda bisa mengandalkan jasa poles Kemilau Marmer untuk membersihkan kamar mandi Anda, terlebih jika lantai toilet Anda sudah kusam dan tidak enak dipandang.

7. Pikirkan Lahan Parkir Untuk Tamu

Hal yang jarang dipikirkan orang adalah menyiapkan lahan parkir untuk tamu yang datang. Jika Anda tidak memiliki cukup lahan kosong, mintalah izin kepada tetangga sekitar atau ke ketua RT untuk menggunakan lahan lain.

Itulah beberapa hal yang harus disiapkan untuk mengadakan buka puasa bersama di rumah. Anda tentunya harus menjadi tuan rumah yang baik dan menyambut tamu dengan hangat. Selain dari sikap, kehangatan yang Anda berikan juga terpancar dari suasana hunian Anda.