Bulan Ramadhan Tiba! Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Bulan Ramadhan Tiba! Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Tidak terasa bulan Ramadhan sebentar lagi tiba ya, sobat Kilau. Banyak hal yang tentunya harus disiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan. Selain mempersiapkan diri menjelang berpuasa sebulan penuh, Anda pun harus mempersiapkan lingkungan sekitar, salah satunya adalah hunian.

Bagi orang Indonesia, membereskan rumah menjelang bulan puasa bisa dikatakan sebagai tradisi. Banyak orang yang bahkan sampai merenovasi hunian untuk menyambut bulan penuh berkah ini. Anda tentunya tidak ingin melewatkan tradisi ini bukan?

Nah, agar Anda dapat menyambut bulan Ramadhan dengan baik, berikut adalah beberapa hal yang bisa sobat Kilau lakukan.

Persiapan Menjelang Ramadhan

#1 Bersihkan Semua Perlengkapan Ibadah

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Seluruh amalan yang dilakukan akan digantikan dengan pahala sehingga umat muslim akan berlomba-lomba menjalankan ibadah. Karena itulah, cuci semua perlengkapan ibadah seperti mukena, sarung dan sajadah.

#2 Buat Daftar Menu Sahur & Berbuka

Puasa identik dengan yang namanya sahur dan berbuka. Agar tidak bingung memilih makanan saat Ramadhan tiba, ada baiknya jika Anda membuat perencanaan menu sahur dan berbuka untuk satu bulan. Anda juga bisa menambahkan menu makan malam jika diperlukan.

#3 Jaga Kesehatan

Selama satu bulan, Anda tidak akan bisa makan dan minum dari pagi hingga waktu berbuka. Anda yang tidak terbiasa dengan hal ini mungkin akan merasa kesulitan saat bulan puasa tiba, apalagi di awal-awal bulan.

Jaga terus kesehatan dan stamina sebelum Ramadhan tiba agar Anda bisa menjalani puasa dengan baik. Mulai rutin berolahraga dan makan makanan sehat adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

#4 Menyiapkan Makanan Matang

Tidak ada jaminan Anda akan selalu bangun sahur tepat waktu. Untuk mengantisipasi kemungkinan Anda telat bangun, ada baiknya jika Anda menyiapkan makanan siap konsumsi. Anda bisa menyiapkan menu rumahan yang bisa disimpan di freezer sehingga hanya perlu dihangatkan. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa menyediakan abon siap makan.

#5 Bersihkan Dapur

Tak jarang dapur menjadi ruangan yang cukup berantakan di rumah. Nah agar Anda lebih nyaman saat memasak di bulan Ramadhan, akan lebih baik jika Anda membersihkan dan membereskan semua peralatan dan perlengkapan dapur. Misalnya, melabeli toples-toples bumbu, menata ulang rak makan, dan lain sebagainya.

#7  Menata Ulang Interior Rumah

Selain mengecat tembok, hal lain yang bisa Anda lakukan adalah mendekorasi ulang. Misalnya mengecat ulang, memindahkan letak furnitur, menambah dekorasi minimalis, dan lainnya Anda. Semua ini bertujuan untuk membuat hunian terasa lebih fresh.

#8 Percantik Hunian

Bulan Ramadhan juga menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama kerabat dan teman lama, biasanya lewat momen buka bersama. Ini juga menjadi saat yang tepat untuk Anda mempercantik hunian agar tamu yang datang merasa nyaman. Selain mendekorasi, hal lain yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan atau memoles lantai.

Namun harus Anda ingat, poles lantai harus dilakukan oleh teknisi profesional dan berpengalaman. Anda bisa menggunakan jasa poles marmer yang saat ini banyak tersedia di kawasan Jabodetabek.

            (Baca juga: Cari Jasa Poles Marmer? Ini Harus Diperhatikan)

Salah satu penyedia jasa poles marmer yang bisa Anda percaya adalah Kemilau Marmer. Jasa poles marmer Jakarta ini melayani jasa pasang dan poles semua jenis lantai. Anda bisa berkonsultasi mengenai masalah lantai yang Anda alami untuk menemukan solusi terbaik. Kemilau Marmer juga berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dengan  menyediakan SDM profesional dan bahan berkualitas tinggi.

Itulah beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Semoga dengan dibantu hunian yang bersih, Anda bisa lebih maksimal menjalani ibadah di bulan puasa. Selamat mencoba, sobat Kilau!