6 Tips Bersih-Bersih Rumah Agar Terhindar Dari Virus Corona

6 Tips Bersih-Bersih Rumah Agar Terhindar Dari Virus Corona

Dunia kini sedang diuji dengan merebaknya penyakit COVID-19 atau lebih dikenal sebagai virus corona. Penyakit yang diketahui bermula dari kota Wuhan, China ini sudah merenggut ratusan ribu korban positif dan ribuan nyawa, termasuk di Indonesia. Berbagai upaya pencegahan dan penyembuhan sudah dilakukan oleh pemerintah serta tenaga medis.

Penularan virus corona yang sangat cepat membuat setiap orang harus berhati-hati agar virus tidak menular kepada diri dan keluarga. Pencegahan penyebarab virus bisa dilakukan mulai dari rumah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa tips membersihkan rumah yang efektif agar terhindar dari virus corona.

1. Bersihkan Semua Bagian Rumah yang Sering Tersetuh

Tahukah Anda bahwa virus corona sangat mudah menyebar?

Dilansir dari CNBC Indonesia, menurut World Health Organization (WHO), COVID-19 menular melalui orang yang telah terinfeksi virus corona. Penyakit dapat dengan mudah menyebar melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut ketika seseorang yang terinfeksi virus ini bersin atau batuk. Tetesan itu kemudian mendarat di sebuah benda atau permukaan yang lalu disentuh oleh orang sehat dan dapat masuk ke mata, hidung atau mulut sehingga mereka ikut terinfeksi.

Inilah sebabnya penting bagi Anda untuk membersikan semua bagian rumah yang sering tersentuh, mulai dari gagang pintu, gagang laci, sakelar lampu, permukaan meja, keran air, wastafel, toilet, dan lainnya. Sangat dianjurkan untuk membersihkan menggunakan cairan desinfektan untuk mematikan perkembangbiakan virus.

Jika kesulitan menemukan desinfektan, Anda bisa menggunakan alternatif lain seperti cairan pemutih yang dicampur air dengan takaran yang disesuaikan.

2. Bersihkan Lantai Dengan Campuran Pemutih

Pemutih pakaian termasuk bahan yang sangat efektif untuk membunuh virus, bakteri, dan jamur. Anda bisa mencampurkan cairan pemutih kedalam air yang akan digunakan untuk mengepel lantai.

            (Baca juga: Tips Ampuh Membersihkan Toilet Ala Kemilau Marmer)

3. Sterilkan Barang-Barang dengan Desinfektan

Untuk barang-barang seperti sofa, karpet dan tirai, semprotkan cairan desinfektan di atas permukaan dan biarkan hingga kering sebelum menggunakannya. Untuk benda yang terbuat dari kayu, Anda bisa membuat desinfektan dengan campuran cuka putih dan air.

4. Perhatikan Cara Mencuci Pakaian

Menurut Deyan Dimitrov, CEO of Laundryheap, sebagian besar virus tidak bisa bertahan dalam suhu lebih dari 60 derajat celcius. Karena itulah, sangat dianjurkan untuk Anda menggunakan air hangat atau panas. Selain itu, Anda juga bisa menambah waktu pengeringan pakaian menjadi 20 menit untuk menambah panas dan membunuh kuman.

Selain pakaian, Anda juga harus memperhatikan kebersihan mesin cuci. Pastikan bahwa Anda juga mendesinfeksi mesin cuci untuk menjaga kebersihannya.

5. Siapkan Persediaan

Untuk berjaga-jaga, Anda bisa menyiapkan berbagai bahan untuk melawan virus seperti desinfektan, sabun cuci tangan, handsanitizer, dan alkohol 70%.

6.  Jaga Diri

Hal terpeting yang harus Anda lakukan untuk mencegah penyebaran virus di rumah adalah dengan menjaga kebersihan diri dan keluarga. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:

  • Sering mencuci tangan dengan benar.
  • Menggunakan masker, khususnya ketika bepergian keluar rumah.
  • Segera mengganti pakaian atau mandi setelah bepergian.
  • Menjaga daya tahan tubuh dengan rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat yang mengadung vitamin, istirahat yang cukup, hingga tidak merokok dan minum minuman beralkohol.
  • Mengurangi kontak dengan orang luar serta hewan yang berpotensi menularkan virus.
  • Tidak bepergian ke kota/negara terjangkit.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah masuknya virus corona ke dalam rumah.

            (Baca juga: Tips Memilih Tukang Poles Marmer Profesional)

Demi mencegah terjadinya penyebaran virus corona, Kemilau Marmer akan menyediakan layanan pemberian desinfektan gratis kepada para customer Kemilau Marmer yang menggunakan jasa kami. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan layanan.