Yuk, Bersih-Bersih Rumah, Sambut Bulan Penuh Berkah

Yuk, Bersih-Bersih Rumah, Sambut Bulan Penuh Berkah

Sebagaimana tradisi yang sudah terbentuk selama bertahun-tahun, di setiap menjelang bulan Ramadhan kita akan terdorong untuk melakukan bersih-bersih rumah. Seolah dikomando, seluruh anggota keluarga pun semangat dan kompak menjalaninya. Suasana rumah yang bersih diyakini akan menambah khusyu’ dalam beribadah selama bulan suci tersebut.

Kegiatan beres-beres dan bersih-bersih rumah menjelang Ramadhan idealnya dilakukan 1-2 minggu menjelang puasa dimulai. Atau paling mepet kita biasanya mengambil weekend terakhir sebelum puasa mulai. Silakan, Anda bisa menentukan waktu yang menurut Anda paling ideal. Asalkan jangan H-1, ya. Bisa-bisa sahur hari pertama terlewat gara-gara Anda bangun kesiangan akibat kelelahan.

Untuk mendukung kegiatan bagus ini, Kemilau Marmer berbagi tips sederhana agar acara bersih-bersih rumah menjelang Ramadhan kali ini lebih efektif dan efisien. Rumah rapi dan bersih tanpa perlu membuang banyak waktu dan tenaga. Yuk, kita mulai dengan menyusun strategi dan implementasinya.

Strategi Bersih-Bersih Rumah

Sebelum kita mulai berbenah rumah dan membersihkannya menjelang Ramadhan ini, kita perlu mengatur strateginya agar efektif dan efisien. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyusun rencananya. Tergantung besar-kecilnya rumah, dan banyak-sedikitnya anggota keluarga yan menjadi partisipan acara bersih-bersih ini.
Ada beberapa elemen yang perlu Anda perhatikan dalam menyusun strategi ini, antara lain:

Tentukan Tujuan 
Contoh tujuan: merapikan benda-benda di ruang tamu agar terlihat lebih lapang. Berikan batas waktu untuk mencapai masing-masing tujuan agar pengerjaannya terarah.

Tentukan Prioritas 
Terutama jika rumah Anda tergolong besar, Anda mungkin tidak bisa mengerjakan semuanya secara sekaligus. Bagi target Anda menjadi beberapa kategori: prioritas utama, sampingan, dan tambahan.

Siapkan List Tugas 
Tentukan apa saja yang harus dibereskan secara mendetail. Misalnya, tulis apa saja yang harus dibersihkan dan dirapikan di musala keluarga seperti mencuci sajadah dan sarung/mukena, menyedot debu karpet, mengepel lantai, dan lain-lain.

Tentukan Kapan Mulainya 
Anda perlu menetapkan waktu yang bisa Anda sisihkan tiap hari atau pekan untuk persiapan Ramadhan. Entah itu 20 menit atau sejam, gunakan hal ini untuk memperhitungkan kapan sebaiknya Anda mulai. Kemudian, tambahkan beberapa hari agar tidak terlalu mepet. Sebagai penduan dasar, sepekan sebelum hari pertama puasa merupakan waktu yang wajar untuk mulai bersih-bersih.

Bagi Tugas 
Berdasarkan daftar kerja yang Anda susun, delegasikan tugas-tugas yang sesuai kepada masing-masing anggota keluarga. Jelaskan kepada anak-anak fungsi menyiapkan rumah sebagai bagian persiapan bulan puasa untuk mempermudah kerja sama mereka.

Implementasi Bersih-Bersih Rumah

Nah, setelah Anda menyusun strateginya dengan matang, setidaknya Anda dan seluruh anggota keluarga sudah punya arahan yang jelas. Sekarang tinggal Anda rincikan tugas-tugas yang harus dilaksanakan dalam impelemtasi acara bersih-bersih rumah menjelang Ramadhan ini.
Berikut ini adalah contoh rincian tugas, berdasarkan ruangan per ruangan agar lebih mudah:

Mushola Keluarga
Jika tersedia mushola di rumah Anda, prioritaskan tempat ini untuk dibersihkan terlebih dahulu. Ruangan ini yang akan menjadi pusat kegiatan selama bulan Ramadhan nanti untuk seluruh keluarga, selain ruang makan.

Beberapa yang dilakukan sebagai berikut:
•    Sedot karpet dengan vacuum cleaner, atau cuci jika memungkinkan
•    Ganti sajadah dengan yang baru (bersih)
•    Cuci semua mukena dan sarung
•    Sapu dan pel lantainya

Ruang Makan & Dapur
Selain mushola, ruangan ini juga menjadi sentral kegiatan keluarga selama Ramadhan, setidaknya setiap waktu sahur dan berbuka. Perabot atau peralatan rumah tangga yang vital di area ini adalah kompor, microwave, rice cooker, dan lemari es. Bersihkan peralatan tersebut. Buang makanan sisa yang masih terdapat di lemari es, ganti dengan yang baru untuk persediaan selama Ramadhan.

Kamar Mandi
Karena ruang ini yang sering dianggap sebagai tempat yang paling tidak higienis, Anda harus membersihkannya secara ekstra. Gosok lantai kamar mandi dan kuras bak penampungan air (jika masih menggunakan). Percantik dan segarkan kamar mandi dengan tanaman hias yang dicelupkan ke botol berisi air, salah satunya adalah sirih gading.


Ruang Tamu
Walau mungkin akan jarang ada tamu yang datang, namun Anda harus tepat mrmprioritaskan untuk membersihkan ruang tamu. Setidaknya jika lebaran ada tamu datang, Anda sudah lebih santai mempersiapkannya.

Lakukan beberapa hal ini:
•    Lap semua furniture dengan cairan pembersih khusus kayu
•    Sedot debu pada sofadan bantal-bantalnya dengan vacuum cleaner
•    Ganti sarung bantal sofadengan ang bersih
•    Bersihkan pernak-pernik hiasan di rak
•    Bersihkan debu pada pigura foto dan hiasan lainnya
•    Bersihkan kotoran di sudut-sudut langit-langit ruang tamu

Pastikan Anda membersihkan semua keramik, granit, dan marmer di lantai maupun dinding di semua ruangan, mulai dari mushola, ruang makan, kamar mandi, ruang keluarga, dan ruang tamu dengan cara memolesnya. Demi kepraktisan dan hasil poles yang oprimal, Anda bisa memercayakannya ke jasa poles marmer profesional, salah satunya adalah Kemilau Marmer.

Setelah semua strategi dan impelementasi bersih-bersih rumah menyambut Ramadhan ini Anda lakukan, Anda sekeluarga bisa bersiap diri untuk menyambut bulan suci tersebut dengan lebih mantap. Selamat menyongsong Ramadhan.