Masalah yang Sering Timbul pada Lantai Marmer

Masalah yang Sering Timbul pada Lantai Marmer

Marmer, granit dan travertine merupakan beberapa jenis batu alam yang sering digunakan untuk lantai, dinding, atau furnitur dekoratif lainnya. Tapi yang namanya batu alam tentu membutuhkan penanganan ‘special’ agar tidak menimbulkan masalah.

Lalu, masalah apa sajakah yang bisa muncul dari kesalahan penanganan lantai marmer? Kemilau Marmer telah merangkumnya untuk Anda.

1. Etching

marmer-etching

Masalah yang umum terjadi pada lantai marmer adalah etching, yaitu noda kusam yang disebabkan oleh cairan berkandungan asam seperti cuka, pembersih keramik, minuman ringan, bahkan tumpahan jus.

Noda ini tidak bisa dihilangkan secara manual menggunakan air dan lap. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan poles marmer. Ketika melakukan poles, marmer akan di-grinding menggunakan diamond pad dengan level kekasaran bertingkat untuk menghilangkan lapisan permukaan yang bernoda.

                (Baca juga: Punya Meja Marmer? Ini Lho 5 Tips Tepat Merawatnya)

Untuk mencegah terjadinya etching, hindari penggunaan permbersih lantai dan cairan yang mengandung asam. Segera bersihkan marmer yang terkena tumpahan cairan tersebut.

2. Effloresence

marmer-effloresence

Effloresence adalah pengkristalan garam meniral pada marmer yang berbentuk seperti bubuk putih pada permukaan. Noda ini bisa disebabkan karena kesalahan ketika pemasangan yang terlalu banyak menggunakan air. Untuk menghilangkannya adalah dengan melakukan poles full service.

Namun noda tersebut tidak bisa benar-benar hilang dalam waktu sebentar karena batu harus benar-benar kering. Proses pengeringan bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan.

3. Loss of Shine

marmer-kusam

Marmer kusam dan tidak mengkilap adalah masalah paling umum yang dialami para pengguna lantai marmer. Hal ini disebabkan karena lantai terlalu sering terinjak sandal dan sepatu yang mengakibatkan marmer kehilangan kilau alaminya.

Untuk mengembalikan kilau marmer, Anda dapat melakukan poles dan coating. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, Anda dapat memesan jasa pemolesan lantai marmer.

4. Yellowing

marmer-yellowing

Noda kuning biasanya terjadi pada marmer berwarna putih atau cream. Marmer putih lebih rentan terkena yellowing karena mengandung zat besi tinggi yang selalu teroksidasi. Noda kuning ini masih dapat dibersihkan atau dihilangkan dengan cara deep cleaning atau pemolesan full service.

5. Berlubang

marmer-spalling

Lantai berlubang adalah masalah lain yang sering dihadapi pemilik lantai marmer. Lubang kecil yang disebut spalling ini disebabkan karena batu sering terkena air dalam jumlah besar atau terlalu sering menggunakan cairan garam asam. Untuk memperbaikinya, Anda bisa mengisi lubang menggunakan adonan resin atau bahan lain yang sejenis. Tapi Anda harus pastikan warna bahan tersebut senada dengan warna batu marmer.

6. Water Rings / Spots

marmer-water-rings

Water rings adalah bercak dan bintik air yang timbul pada batu alam karena cairan berkandungan kalsium dan magnesium. Sama seperti etching, noda ini bisa dihilangkan dengan melakukan poles.

7. Sanded Grout

Masalah sanded grout atau nut berpasir juga cukup sering ditemukan oleh para pemilik lantai batu alam. Sayangnya, tidak ada solusi untuk memperbaiki masalah ini. Anda bisa menunggu hingga nut kembali halus dengan sendirinya dalam waktu beberapa bulan.

                (Baca juga: Cari Jasa Poles Marmer? Ini Harus Diperhatikan)

8. Lippage

Pemasangan batu alam harus dilakukan oleh teknisi profesional dan berpengalaman agar hasilnya rapi dan tepat ukuran. Namun tak jarang kita menemukan lantai yang tidak rata karena teknik pemasangan yang salah. Untuk mengatasinya, Anda harus memanggil tukang pasang marmer profesional untuk mengulang pemasangan dengan cara yang tepat.

9. Goresan Dalam

marmer-goresan

Goresan yang terjadi pada permukaan marmer bisa disebabkan oleh kesalahan pemilik yang sering memindahkan/menggeser furnitur dengan kasar. Goresan benda tajam tentunya juga akan meninggalkan lukan pada marmer. Poles marmer adalah cara yang tepat untuk menghilangkan goresan tersebut.

Itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada lantai batu alam seperti marmer dan granit. Sebagian besar masalah tersebut bisa diatasi dengan melakukan poles.

Untuk urusan pemasangan dan pemolesan marmer, serahkan kepada ahlinya!

Kemilau Marmer adalah salah satu penyedia jasa pasang, poles, restorasi, pemugaran, serta perawatan marmer, granit, teraso, keramik, dan lainnya. Teknisi yang berpengalaman serta teknik pengerjaan profesional menjadi kunci bagi Kemilau Marmer untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para customer.

                (Baca juga: Poles Marmer, Kenapa Harus Kemilau Marmer?)

Kemilau Marmer telah dipercaya oleh banyak client baik perumahan maupun perkantoran, untuk menjalankan pekerjaan pasang dan poles.

Jika Anda membutuhkan jasa pasang dan poles lantai dan dinding marmer, granit, keramik, teraso, dan lainnya, segera hubungi kami di 081298532189 (WA available).