Manfaat Penggunaan Marmer Untuk Bangunan Masjid

Manfaat Penggunaan Marmer Untuk Bangunan Masjid

Banyak masjid yang didirikan dengan bangunan megah dan desain yang mewah, baik interior maupun eksteriornya. Fungsinya pun tak hanya sebagai tempat peribadatan kaum muslimin, melainkan juga sebagai tempat wisata untuk keluarga maupun rombongan pengajian.

Hebatnya lagi, sebagian masjid tersebut dibangun dan dikelola oleh perorangan, sehingga uniknya nama masjid pun memakai nama si pemilik tersebut.

Setidaknya ada dua masjid yang masuk kriteria itu. Pertama, Masjid Jami' Dian Al-Mahri di Depok, Jawa Barat, yang dikenal juga dengan sebutan Masjid Kubah Emas. Kedua, Masjid Suciati Saliman yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta.      

Marmer di Bangunan Masjid

Kemegahan dan kemewahan kedua masjid tersebut tak lepas dari pilihan material yang digunakannya. Salah satu material yang menjadi andalan adalah marmer, baik untuk lantai maupun dinding.

marmer di masjid kubah emas

Marmer yang digunakan di Masjid Kubah Emas pun tak main-main. Masjid milik Ibu Dian al-Mahri (alm) ini mengimpor marmer dari Turki dan Italia. Sementara masjid milik Ibu Suciati diklaim menggunakan marmer terbaik di Indonesia.

marmer di masjid suciwati saliman

Marmer memiliki peran yang sangat penting untuk menghadirkan keindahan dan kemegahan pada masjid. Batu marmer dapat diaplikasikan pada lantai, dinding, kolom, kubah hingga kaligrafi pada bangunan masjid. 

Manfaat Marmer pada Bangunan Masjid

Ketahui manfaat dan keuntungan menggunakan material marmer di bangunan masjid yang membuatnya menjadi pilihan utama:

1. Terlihat lebih mewah

Permukaan mengkilat yang mampu memantulkan cahaya pada marmer membuat bangunan masjid yang menggunakan material ini tampak elegan dan mewah. Paparan cahaya dari sudut yang berbeda akan menghasilkan kesan berbeda juga. Inilah yang membuat marmer terlihat mewah.

2. Ikonik dan estetik

Marmer tak hanya menyuguhkan penampilan estetik yang memanjakan mata, masjid pun akan menjadi ikonik alias punya ciri khas yang tidak ditemukan di masjid lain. Rahasianya adalah setiap bongkahan marmer menghasilkan pola yang disebut “vein” yang berbeda-beda, unik, dan tidak pernah seragam.

3. Ruangan lebih sejuk

Marmer dikenal sebagai jenis batu alam yang tahan terhadap panas alias heat resistant. Hebatnya, batuan ini mampu menyerap kelembapan udara di malam hari, dan mempertahankan suhu sejuknya di hari esoknya, walau saat itu di luar terpapar matahari yang sangat terik. Itulah sebabnya saat sholat Zhuhur di masjid ini akan merasa sejuk dan nyaman.

4. Daya tahan lama

Marmer memiliki keunggulan yaitu awet, tahan terhadap cuaca, dan kuat terhadap perubahan suhu, membuatnya ideal juga diaplikasikan untuk luar ruang alias area eksterior bangunan masjid. Pesonanya tak luntur hingga bertahun-tahun.

5. Tahan terhadap api

Kelebihan lain dari marmer adalah tahan api. Jika sampai terjadi musibah kebakaran di masjid yang menggunakan material marmer, maka kerusakannya dapat diminimalkan dan relatif mudah diperbaiki, sehingga biayanya bisa ditekan.

6. Banyak pilihan warna

Marmer juga memudahkan dalam urusan pemilihan warna untuk tema bangunan masjid. Warna dan pola yang sangat beragam membuatnya dapat dengan mudah disesuaikan. Mulai dari marmer putih, hitam, hijau, dan warna lainnya.

Umumnya bangunan masjid menggunakan marmer putih. Dari segi pencahayaan, warna ini dapat memberikan kesan luas dan lega karena mampu memantulkan cahaya ke seluruh area. Selain itu kesan bersih dan suci akan semakin kuat.

7. Bisa dibentuk lebih artistik

Marmer dapat dikondisikan untuk berbagai kebutuhan di masjid seperti kubah, mimbar, kolom, dan kaligrafi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut memang memerlukan bantuan mesin berteknologi tinggi. Tapi hasilnya sangat memuaskan.

Berkat kelebihan-kelebihannya, marmer acapkali menjadi pilihan utama material yang digunakan di berbagai bangunan masjid. Bukan hanya Masjid Dian al-Mahri dan Masjid Suciati Saliman saja yang mengandalkannya, bahkan Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah pun menggunakan marmer sebagai material utamanya.

Untuk dua masjid agung di Indonesia itu, untuk menjaga pesona dan keindahan marmer yang ada di dalamnya perlu dilakukan perawatan secara rutin berupa poles mamer untuk lantai dan dindingnya. Salah satu yang menawarkan layanan jasa poles marmer profesional di Jakarta adalah Kemilau Marmer.

Sebagai penyedia jasa poles marmer berpengalaman, Kemilau Marmer berkomitmen memberikan pelayanan jasa poles marmer terbaik, dengan menyediakan teknisi dan metode kerja jasa poles marmer berstandar internasional. Hubungi Kemilau Marmer sekarang untuk mendapatkan jasa poles marmer terbaik.