5 Tips Jitu Membuat Rumah Lama Terlihat Baru

5 Tips Jitu Membuat Rumah Lama Terlihat Baru

Merasa tidak puas dengan tampilan rumah karena terlihat kusam? Ingin membuat rumah Anda terlihat baru walau sudah lama ditempati karena ada acara besar yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat.

Padahal Anda sudah memiliki asisten rumah tangga untuk membantu bersih-bersih setiap hari. Jangan salahkan ART Anda, karena  merawat rumah yang besar bukanlah tugas yang mudah. Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk membuatnya tetap bersih.

Tetapi bersih saja tidak cukup.

(Baca juga : 6 Tips Bersih-bersih Rumah Agar Terhindar Dari Virus Corona)

Sebagai penghuni rumah, Anda pasti menginginkan rumah yang membuat betah untuk ditinggali dan enak untuk dilihat. Jika Anda ingin merasa nyaman ketika berada di rumah, Anda bisa melakukan 5 hal berikut.

1. Buat Jadwal Membersihkan Rumah Secara Rutin

Membuat Jadwal

Rumah besar biasanya memiliki banyak ruangan, jadi Anda harus memiliki jadwal pembersihan secara rutin agar tidak ada ruangan yang terlewat untuk dibersihkan.

Membuat jadawal bersih-bersih juga membantu memudahkan pekerjaan asisten rumah tangga Anda. Seperti yang kita tahu bahwa pekerjaan ART bukan hanya membersihkan rumah, tetapi juga memasak, mencuci dan lainnya. Dengan dibuatnya jadwal, ini membuat semuanya menjadi lebih terorganisir.

Bagi Anda yang tidak memiliki asisten rumah tangga, membuat jadwal secara rutin juga dapat menjaga rumah rapih dan bersih setiap hari.

2. Perhatikan Sirkulasi Udara Secara Berkala

Memperhatikan sirkulasi udara

Rutin membersihkan rumah tapi mengabaikan kualitas udara di dalamnya? Ups, itu merupakan kesalahan.

Sirkulasi udara merupakan salah satu hal penting untuk diperhatikan karena bukan hanya berdampak kepada kondisi tubuh penghuni rumah, tetapi juga ke property yang Anda miliki.

Membuat pasokan udara segar bergerak stabil di seluruh rumah dapat membantu mencegah kerusakan pada pearabotan dan furnitur, sehingga membuatnya menjadi lebih awet dan tahan lama. Jadi Anda harus memperhatikan sirkulasi udara di rumah Anda dan membersihkannya secara rutin.

3. Perbaiki Kerusakan Kecil Sesegera Mungkin

Memperbaiki kerusakan kecil

Jika melihat adanya kerusakan kecil di rumah, segera atasi sebelum kerusakan terbebut bertambah besar. Jangan biasakan untuk menyepelekannya. Apabila tidak ditangani langsung, hal itu bisa berdampak kepada hal lain, misalnya ketika atap rumah bocor, airnya akan menetes ke furnitur dan menyebabkan kerusakan.

Jika Anda perhatikan dengan baik, cukup banyak kerusakan kecil yang ada di rumah namun tidak terlihat, apalagi bagi Anda yang memiliki rumah besar. Anda bisa dapat mengecekan di seluruh bagian rumah dan melakukan perbaikannya.

4. Singkirkan Barang-Barang yang Tidak Terpakai

Mensortir, Mendonasikan, Membuang Barang

Apakah Anda termasuk orang yang sering kali menyimpan barang dan merasa sayang untuk menyingkirkannya? Padahal, banyak benda yang memang sudah tidak berfungsi dengan baik atau tidak digunakan lagi.

Tahukah Anda bahwa kebiasaan ini bisa menyebabkan stres? Hal ini dapat diatasi dengan cara mensortir ulang dan membuang benda yang sudah rusak atau menyumbangkan kepada orang yang lebih membutuhkan. Dengan melakukan hal tersebut, Anda dapat membuat rumah menjadi lebih nyaman dan mudah untuk dibersihkan.

5. Melakukan Deep Cleaning Minimal 2 Kali dalam Setahun

Deep Cleaning

Meskipun Anda sudah berusaha untuk membersihakan rumah secara rutin, tetapi pada kenyataannya tidak semua barang atau sudut rumah dibersihkan secara menyeluruh (deep cleaning).

Ada beberapa hal yang memerlukan perhatian khusus ketika melakukan pembersihan menyeluruh, seperti mengecek cat dinding dan lantai.

Untuk warna dinding rumah yang sudah memudar, Anda dapat melakukan pengecatan ulang. Selanjutnya, lantai rumah yang terlihat kusam akibat endapan kotoran dapat dibersihkan sesuai dengan jenis lantainya.

Contohnya untuk Anda yang menggunakan lantai marmer, Anda dapat melakukan pemolesan. Namun, pemolesan tidak dapat dilakukan sendiri, diperlukan tenaga ahli untuk melakukannya. Anda dapat menggunakan jasa Kemilau Marmer untuk memoles lantai marmer rumah Anda.

Kemilau Marmer adalah salah satu penyedia jasa pasang, poles, restorasi, pemugaran, serta perawatan marmer, granit, teraso, keramik, dan lainnya. Kemilau Marmer telah dipercaya oleh banyak client baik perumahan maupun perkantoran, untuk menjalankan pekerjaan pasang dan poles dikarenakan teknisi yang berpengalaman serta teknik pengerjaan professional.

Jika Anda membutuhkan jasa pasang dan poles lantai dan dinding marmer, granit, keramik, teraso, dan lainnya, segera hubungi kami di +62 812-9853-2189 (WhatsApp available).

Sebagai informasi, layanan Kemilau Marmer ini tetap beroperasi selama PSBB. Kendati demikian, Kemilau Marmer mewajibkan pegawai kami untuk ,menerapkan standar keamanan dan kesehatan yang berlaku.