Yang Harus Diketahui Sebelum Pasang Marmer di Kamar Mandi

Yang Harus Diketahui Sebelum Pasang Marmer di Kamar Mandi

Menghiasi kamar mandi Anda dengan material seindah mungkin, bisa jadi dambaan banyak orang. Selain dapat membuat kita jadi lebih nyaman dan betah berlama-lama untuk menghabiskan waktu santai di kamar mandi, kamar mandi yang indah dapat menjadi media yang baik untuk memulihkan kondisi psikologi Anda, sebelum kesibukan di hari berikutnya datang. 

Ada beberapa hal yang dapat Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menghiasi dinding dan lantai kamar mandi Anda dengan marmer. 

1. Kamar mandi marmer membutuhkan perawatan ekstra
Kamar mandi dengan dinding dan berlantai marmer akan membutuhkan perawatan coating, yaitu melapisi permukaan marmer secara berkala.  Hal ini perlu dilakukan karena marmer pada kamar mandi cenderung sering terpercik oleh larutan cair yang dapat mengikis coating pada marmer, seperti sabun, atau cairan lain yang dapat mengikisnya. Tindakan coating secara berkala ini berguna untuk selalu mencegah cairan masuk kedalam pori-pori marmer, yang dapat berakibat kualitas marmer jadi turun. 

2. Pikirkan motif dan warna marmer pada saat pemasangan
Selain penyesuaian dengan konsep interior yang ada pada rumah Anda, marmer berperan dalam mengubah kesan pada luas kamar mandi Anda. Untuk kamar mandi yang berukuran kecil, disarankan untuk mengaplikasikan marmer warna cerah. Sesuaikan pula motif yang akan dipadukan, agar kamar mandi Anda dapat terlihat lebih mewah dan terang, sehingga nuansa ini timbul dengan baik. 

3. Perhatikan jenis finishing marmer yang tepat
Finishing yang direkomendasikan khusus untuk lantai adalah dengan mangaplikasikan jenis finishing kasar, seperti honed dan acid wash. Selain tidak mengakibatkan lantai licin, kesan doff dengan jenis finishing ini akan terlihat jelas.  Sedangkan jenis finishing untuk permukaan dinding marmer kamar mandi Anda, pilihan finishing kilap atau finishing kasar, keduanya tidak ada masalah. Tinggal sesuaikan saja menurut selera Anda. 

4. Lengkapi kamar mandi dengan rak khusus perlengkapan kamar mandi
Tersedianya rak khusus ini dimaksudkan untuk menjauhkan dan menghindari adanya tumpahan atau percikan cairan yang mengandung alkohol, seperti cairan parfum, kosmetik, shampoo, lulur, pembersih riasan wajah, hair tonic, atau cairan zat asam lainnya. Penempatan lokasi rak khusus ini misalnya dapat Anda tempatkan dibawah wastafel, atau bisa juga digantung pada bagian dinding yang mudah dijangkau ketika Anda ingin mengeluarkan isinya. 

5. Lakukan Pemasangan Marmer oleh ahlinya
Dibutuhkan keterampilan khusus untuk pemasangan marmer pada kamar mandi ini. Selain akurasi pemotongan, aplikasi jarak antar potongan marmer yang ketat, proses coating yang sempurna, juga finishing yang sesuai, informasi perawatannya pun sebaiknya Anda ketahui dari ahlinya. Anda bisa coba menghubungi Kemilau Marmer untuk berdiskusi mengenai hal ini, agar proses pemasangan, hingga perawatan kamar mandi marmer Anda dapat berjalan dengan optimal, dan dapat memperpanjang umur keindahan kamar mandi marmer Anda. 

Demikian informasi hal-hal yang harus Anda ketahui tentang kamar mandi marmer. Pada intinya, dibutuhkan hal-hal khusus dan tenaga ahli khusus jika Anda bermaksud mengaplikasikan marmer pada kamar mandi kesayangan Anda.