Tips Membersihkan Hunian Setelah Banjir

Tips Membersihkan Hunian Setelah Banjir

Banjir yang melanda kawasan Jabodetabek sejak awal tahun membawa keresahan bagi banyak orang. Karena kedatangannya yang tiba-tiba, masyarakat tidak memiliki kesiapan untuk menyelamatkan barang-barang yang ada di hunian. Alhasil banyak furnitur, pakaian, hingga surat-surat berharga yang terendam.

Saat banjir mulai surut, segera bersihkan hunian. Selain untuk mengamankan barang-barang yang masih bisa diselamatkan, pembersihan hunian juga bertujuan untuk membersihkan kotoran agar tidak menjadi sumber penyakit.

Membersihkan hunian setelah banjir memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1. Siapkan Perlengkapan Kebersihan

Sebelum mulai membersihkan hunian, pastikan Anda sudah memiliki perlengkapan yang dibutuhkan seperti kain pel, pel karet, sapu lidi, sekop, dan lainnya. Anda juga perlu menyiapkan cairan disinfektan pembunuh kuman. Jangan lupa memakai pelindung seperti masker dan sepatu karet.

2. Keringkan Barang-Barang yang Terendam

Segera keringkan barang dan furnitur yang terendam untuk menghindari timbulnya jamur. Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari atau menggunakan kipas. Hal ini sangat penting dilakukan, khususnya untuk perabotan berbahan kayu.

3. Bersihkan Lumpur

Sambil menunggu furnitur kering, Anda bisa mulai membersihkan lumpur yang masuk ke dalam rumah. Proses pembersihan selanjutnya akan lebih mudah dilakukan jika rumah sudah bersih dari lumpur. Bersihkanlah lumpur yang menempel pada dinding hingga nat lantai hingga bersih.

4. Bersihkan Karpet

Jika Anda memiliki karpet yang terendam banjir, segera cuci karpet hingga bersih menggunakan cairan disinfektan untuk menghilangkan kuman dan kotoran yang menempel. Setelah dicuci, segera keringkan di bawah sinar matahari atau menggunakan bantuan kipas angin. Jika dirasa terlalu sulit, Anda bisa menggunakan jasa laundry karpet agar pencucian bisa lebih mudah.

5. Buang Kasur yang terendam

Jika Anda berpikir untuk menggunakan kembali kasur yang sudah terendam banjir, ada baiknya jika Anda pikirkan kembali keputusan tersebut. Kasur yang terendam kemungkinan besar sudah menyerap bakteri, kuman, dan kotoran sehingga disarankan untuk Anda untuk menggantinya dengan yang baru. Hal ini juga berlaku pada boneka dan mainan anak lainnya.

6. Bersihkan Pakaian

Tentunya tidak semua pakaian yang terendam banjir harus dibuang. Namun, ada beberapa tahap pencucian yang harus Anda lakukan agar pakaian benar-benar bersih.

Untuk menghilangkan bakteri dan kuman, celupkan pakaian pada cairan antiseptik dan diamkan selama beberapa saat. Kemudian, Anda bisa lanjut mencuci menggunakan air dingin dan detergen untuk menghilangkan tanah liat, noda, dan kotoran.

Setelah pencucian tahap pertama selesai, cuci kembali pakaian menggunakan air panas, deterger, dan klorin. Keringkan dan pastikan semua pakaian sudah bersih dari noda dan kotoran yang menempel.

7. Klaim Asuransi

Segera siapkan klaim asuransi untuk hal-hal yang bisa diasuransikan seperti kerusakan rumah, kendaraan, dan peralatan elektronik. Untuk memudahkan klaim asuransi, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

- Siapkan foto atau video barang atau bagian rumah yang rusak.

- Periksa perusahaan asuransi untuk memastikan persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim.

8. Bersihkan Lantai

Membersihkan lantai dari sisa-sisa lumpur banjir memang tidak mudah. Anda harus membersihkan hingga ke sela-sela nat lantai untuk membuatnya tampak bersih seperti semula. Namun jika Anda merasa pekerjaan membersihkan lantai terlalu sulit, Anda bisa memanggil jasa perawatan atau pemolesan lantai.

Salah satu penyedia jasa pemolesan lantai terpercaya di Jaboetabek adalah Kemilau Marmer. Jasa poles marmer panggilan ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang kesulitan untuk membersihkan lantai rumah setelah banjir. Kemilau Marmer menyediakan jasa poles untuk berbagai jenis lantai, mulai dari marmer, granit, keramik, teraso, tegel, dan lainnya.

9. Cuci Peralatan Makan

Bagaimana cara membersihkan peralatan makan yang terendam banjir?

Kumpulkan piring, gelas, dan peralatan makan lainnya pada satu wadah besar dan berikan cairan pembersih kuman. Kemudian rendam di dalam air hangat selama 10 sampai 15 menit. Untuk perlengkapan masak, cukup rendam di dalam air mendidih selama 10 sampai 15 menit untuk menghilangkan kuman yang menempel.

Jangan lupa juga untuk membersihkan lemari penyimpanan menggunakan cairan pembersih kuman sebelum Anda menaruh berbagai perabotan ke dalamnya.

10. Selamatkan Dokumen-Dokumen Penting

Setelah semua barang selesai dibersihkan, Anda bisa mulai menyelamatkan dokumen-dokumen penting. Simpan dokumen di tempat yang aman dan pisahkan satu persatu. Hati-hati saat mengeringkannya ya.

11. Hilangkan Bau Tak Sedap

Setelah banjir, pastinya ada bau tak sedap yang tertinggal di dalam rumah. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau:

- Buka semua pintu dan jendela rumah agar terjadi sirkulasi udara yang baik.

- Bersihkan jamur dan lumut yang menempel. Jamur dan lumut dapat menjadi sumber bau apek.

- Untuk menghilangkan bau karpet, taburkan baking soda di atas karpet yang kering.

Itulah tips-tips membersihkan hunian setelah banjir. Semoga informasi di atas bisa membantu Sobat Kilau dalam mengatasi dampak banji ya. Selamat mencoba!