Penggunaan Marmer Untuk Eksterior, Rumah Pun Naik Pamor

Penggunaan Marmer Untuk Eksterior, Rumah Pun Naik Pamor

Tak hanya diaplikasikan untuk interior, marmer pun juga merambah area eksterior rumah.  Penggunaan material marmer untuk eksterior mampu memberikan kesan mewah, megah, dan elegan. Bangunan pun juga tampak semakin kokoh, bergengsi, dan naik pamor.

Bagian luar ruang di rumah yang disentuh marmer ini memang akan menyuguhkan pesona dan daya tarik kuat. Selain cantik, marmer juga punya banyak kelebihan jika bertugas untuk memperindah eksterior. Apa saja itu, dan bagian bangunan mana saja yang oke jika dibalut marmer. Simak, yuk!

Kelebihan Marmer untuk Eksterior

Walau berharga tinggi, pemilik rumah tetap akan rela merogoh kantong dalam-dalam demi bisa memajang penutup lantai dan dinding berbahan material marmer ini untuk mengangkat pamor rumah yang dimulai dari bagian depan atau luar ruang.

Tak hanya keren, marmer banyak menjadi pilihan eksterior karena punya banyak keunggulan, di antaranya:

1. Mudah dibersihkan
Marmer menjadi material yang banyak disukai selain kesan mewah yang ditimbulkan, material ini juga gampang dibersihkan. Pembersih yang bisa digunakan pun mudah ditemui. Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring, baking soda, dan pembersih khusus untuk marmer.

2. Warna dan corak beragam
Pilihan warna dan juga corak pada marmer ini sangat beragam. Ini memudahkan Anda dalam memadu-padankan dengan tema eksterior rumah Anda.

3. Mudah dipotong
Marmer memiliki serat-serat padat sehingga mudah dipotong. Ini akan memudahkan dalam membentuk marmer sesuai desain yang diinginkan.

4. Tahan panas
Marmer lebih tahan terhadap panas, jika dibandingkan material lain seperti keramik dan kayu yang gampang memuai akibat panas. Marmer juga mampu mempertahankan suhu dingin. Kedua sifat inilah yang menjadikan marmer banyak disukai untuk eksterior.
  
5. Tahan api
Selain tahan panas, marmer juga tahan terhadap api. Dampak baiknya, penggunaan marmer ini mampu meminimalisasi risiko kebakaran.

6. Tahan lama
Karena terbuat dari bahan alami yang ditempa tekanan suhu tinggi menjadikan marmer kuat dan tahan lama, tidak melengkung seperti material lain.

Penggunaan Marmer untuk Eksterior

Ada sejumlah bagian bangunan di luar ruang rumah Anda yang bagus jika dibalut material marmer, yaitu:

1. Lantai teras
Bagian bangunan eksterior yang paling digemari untuk dibalut dengan marmer adalah lantai teras. Untuk bagian teras ini sebaiknya memilih marmer dengan warna gelap. Tujuannya untuk menyamarkan kotor, sehingga terlihat awet bersihnya.
 
2. Dinding
Selain lantai, dinding bagian teras juga sering menggunakan material marmer. Bisa utuh, bisa juga hanya setinggi 1 meter dari lantai. Tujuannya untuk estetika dan lebih berkesan.

3. Pilar
Marmer untuk membungkus pilar atau kolom juga banyak disukai. Material marmer memberi kesan pilar terlihat lebih kokoh dan elegan. Pilar marmer biasanya dijumpai di rumah dengan gaya kontemporer dan mediteranian.

4. Lampu taman
Beberapa taman depan rumah dilengkapi dengan lampu taman. Kadang lampu taman ini dibalut dengan material marmer. Sifat marmer yang meneruskan cahaya akan membuat taman lebih terang dan indah.
  
5. Pot tanaman
Sejumlah pot tanaman yang masuk kategori mewah sering menggunakan material marmer. Bagian luar rumah tak hanya mewah, tapi juga asri karena pot dan tanaman yang menghiasinya.

Penentuan bagian bangunan eksterior rumah Anda yang dibalut material marmer dan juga penjelasan tentang kelebihan-kelebihan dari marmer akan semakin memantapkan pilihan pada marmer jika saat ini berencana untuk merombak tampilan eksterior rumah Anda.

Agar material marmer tersebut terus memberikan penampilan terbaiknya dalam mendukung wajah rumah Anda tampak dari luar, maka Anda perlu melakukan perawatan berupa poles marmer secara berkala. Demi hasil poles yang optimal, Anda bisa manfaatkan jasa poles marmer profesional di Jakarta, yaitu Kemilau Marmer. Praktis!