Membuat Sendiri Lantai Granit & Marmer Tiruan dari Beton

Membuat Sendiri Lantai Granit & Marmer Tiruan dari Beton

Desain rumah-rumah modern saat ini banyak menggunakan material granit dan marmer, terutama untuk penutup lantainya. Selain keawetannya, granit dan marmer menjadi material favorit karena menciptakan tampilan yang indah, mewah, dan suasana damai saat berada di rumah.

Namun karena harganya yang tinggi, banyak orang menjadi mengurungkan niat dan keinginannya untuk membungkus lantai rumahnya dengan material granit dan marmer. Sebagai gambaran, lantai granit atau marmer berukuran 30x30 cm bisa dibanderol dengan harga Rp500 ribu per meter perseginya. Bayangkan jika luas bangunan rumah 90 meter persegi. Lumayan, kan?

Jika ingin tetap menghadirkan keindahan dan kemewahan lantai granit dan marmer tapi dana terbatas, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan lantai granit dan marmer tiruan dari semen beton. Yes, Anda bisa membuatnya sendiri jika mau.

Memang, walau langkah-langkah pembuatannya cukup mudah, tapi para praktiknya Anda harus teliti, telaten, dan cukup peka terhadap tekstur yang dihasilkan pada lantai granit dan marmer made-in sendiri itu. Yuk, simak proses pembuatan lantai granit dan marmer tiruan dari bahan semen beton.

Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat lantai granit dan marmer tiruan dari bahan beton adalah sebagai berikut:

  • Lantai beton
  • Semen
  • Epoxy
  • Cat semprot
  • Spray gun
  • Cairan clear pelicin

Membuat Lantai Beton

Langkah pertama adalah membuat lantai beton. Karakteristik lantai beton ini mirip dengan lantai granit dan marmer, hanya saja motifnya polos. Pembuatan lantai beton ini butuh waktu cukup lama, yaitu sekitar 4 minggu alias 1 bulan untuk benar-benar kering sempurna.

Menghaluskan Tekstur Beton

Setelah lantai beton kering, langkah berikutnya adalah mengecilkan atau menutup pori-pori bidang lantai beton agar teksturnya licin dan halus. Caranya, permukaan lantai beton harus diaci. Anda bisa mengacinya menggunakan semen biasa atau semen instan.

Menutup Tekstur dengan Cat Dasar

Permukaan lantai beton yang sudah licin dan halus, siap masuk ke tahap pengecatan. Anda bisa menerapkan cat dasar (epoxy) yang berwarna putih. Sebaiknya Anda menerapkan cat warna putih solid ini dengan agak tebal agar tekstur beton semakin tertutup hilang. Pastikan hasil catnya halus dan tidak ada gelembung air. Proses pengeringan sempurna cat dasar ini butuh waktu seharian atau sekitar 24 jam.

Membentuk Motif

Lantai granit dan marmer identik dengan motifnya yang khas, yaitu bintik-bintik tidak beraturan. Anda bisa juga menghadirkan motif khas tersebut pada bidang beton. Anda bisa menggambarnya menggunakan alat spray gun. Agar menghasilkan bintik yang mirip dengan aslinya, atur tekanan udara pada spray gun di kisaran 0,3 hingga 0,7 psi. Lakukan penyemprotan cat warna ini dengan hati-hati agar seperti natural. Sebaiknya Anda melihat contekannya pada sebuah ubin granit atau marmer untuk ditiru, atau bebas sesuai selera dan tingkat pede Anda.  

Menyempurnakan Cat

Saatnya masuk ke tahap finishing untuk menyempurnakan hasil cat pada bidang beton tersebut. Di tahap ini Anda bisa memanfaatkan cairan clear atau semacam pernis untuk memberikan efek licin dan mengkilat pada permukaan lantai granit atau marmer tiruan tersebut. Lakukan pelapisan cairan clear pelicin ini secara berulang-ulang hingga lapisannya cukup tebal. Ingat, biarkan lapisan sebelumnya kering terlebih dahulu, sebelum melapisinya kembali. Untuk berapa lapisan, tergantung selera Anda. Jika sudah cukup terlihat kinclong, Anda tinggal membiarkannya benar-benar kering. 

Lantai granit atau marmer tiruan dari bahan semen beton Anda sudah siap dipamerkan! Oya, selain bahan semen beton, Anda juga bisa membuat lantai granit dan marmer tiruan ini dari lantai kayu, yaitu kayu solid atau juga plywood. Hanya saja prosesnya sedikit lebih susah, terutama pada tahap penghalusan dan pendempulan. 

Agar lantai granit dan marmer tiruan ini bisa lebih tahan lama dalam menghadirkan keindahannya, sebaiknya Anda merawatnya secara rutin. Anda bisa melakukan perawatan sendiri, atau memanfaatkan jasa poles lantai profesional seperti Kemilau Marmer untuk memberikan hasil perawatan yang lebih optimal dan tentu saja lebih praktis.