Lantai Granit Tergores Benda Tajam? Begini Cara Menghilangkan Goresannya

Lantai Granit Tergores Benda Tajam? Begini Cara Menghilangkan Goresannya

Kesal sekali pasti jika tanpa sengaja terjadi benturan benda tajam ke lantai, yang mengakibatkan lantai granit menjadi tergores. Kemewahan yang ditimbulkannya pun ternoda berkat goresan yang tidak bisa hilang itu. Lantai yang tergores, hati Anda pun bisa ikut merasakan goresannya. Eaaa..!

Tenang, luka goresan di lantai granit Anda bisa dihilangkan, kok. Hanya saja perlu effort yang ekstra. Dan sebaiknya segera dilakukan, agar goresan tidak semakin bandel dan susah hilang.

Sejumlah alat yang perlu dipersiapkan untuk menghilangkan goresan di lantai granit ini ada beberapa, di antaranya: mesin buffing, diamond disk atau diamond pad, bahan-bahan serbuk kristal, resin, katalis, pewarna, dan krim coating.

Jika sudah siap, mari simak langkah-langkah yang dilakukan untuk menghilangkan goresan di lantai granit.

Pembersihan

Goresan di lantai granit harus segera dihilangkan. Mengapa segera, karena akibat tergores itu maka lapisan coating pelindung yang berada di permukaan granit akan rusak tergerus. Padahal lapisan inilah yang membuat granit selalu tampak mengkilap indah. Jika goresannya cukup dalam, dikhawatirkan akan ada kotoran masuk di celah itu. Terlebih jika kotoran yang masuk berupa tumpahan kopi, soda, atau teh, tentu akan semakin susah dihilangkan.

Pengisian goresan

Setelah bagian celah berhasil dibersihkan, saatnya menambalnya. Isi bagian celah itu dengan bahan-bahan: katalis, resin, dan pewarna yang sesuai dengan warna dasar granit. Upaya menyamarkan bekas luka goresan ini memang agak susah, terlebih jika warna lantai granit Anda terang. Itu berarti Anda harus lebih jeli memilih pewarnanya.

Grinding

Setelah celah goresan di lantai granit terisi dan kering, maka tambalan ini harus dihaluskan. Anda bisa menggunakan gerinda dengan diamond disk (pisau cakram) berukuran besar dan agak kasar. Setelah rata, lanjutkan proses grinding dengan memakai diamond disk yang halus. Lakukan sampai tambalan di lantai granit terlihat rata. Cek sudah rata atau belum dengan menggunakan uang logam yang digeser-geser.

Pewarnaan ulang

Proses ini tidak perlu dilakukan jika warna tambalan yang dibuat tadi tidak terlalu jauh. Jika warna tambalan ternyata berbeda jauh dengan warna asli lantai granit, ya berarti Anda harus memilah-milih lagi pewarna yang benar-benar cocok. Ini perlu waktu.

Kristalisasi

Langkah ini boleh Anda lewati jika dirasa tidak perlu. Kristalisasi ini adalah untuk memberikan lapisan kristal pada lantai granit dengan menggunakan cairan tertentu. Pada prinsipnya mirip dengan pemberian lapisan sanding sealer pada kayu sebelum proses coating

Pelapisan akhir

Proses finishing ini perlu dilakukan, terlebih jika Anda melakukan langkah kristalisasi. Pelapisan coating pelindung akhir ini akan membuat hasil kristalisasi bisa bertahan lebih lama, lebih indah, dan juga mampu mencegah noda dan flek di lantai granit. Sebelumnya, pastikan tambalan sudah benar-benar kering agar coating tidak masuk ke dalamnya. 
Anda bisa menggunakan bahan pelapis khusus untuk lantai granit yang berbentuk krim. Oleskan di permukaan lantai granit secara merata. Tunggu selama 30-60 menit agar bahan ini terserap ke dalam pori-pori permukaan lantai granit. Setelah lapisan krim ini sudah mengering, Anda dapat meratakannya menggunakan mesin buffing yang telah dipasangi dengan steel woll.

Setelah melihat proses-proses dalam menghilangkan goresan pada lantai granit, skill yang diperlukan, dan peralatan yang dibutuhkan, sepertinya akan cukup rumit jika harus dilakukan sendiri. Untuk praktisnya, Anda manfaatkan saja layanan jasa poles granit profesional seperti Kemilau Marmer yang membantu menghilangkan goresan di lantai granit Anda dengan cepat dan optimal.

Minimal dengan mengetahui dari artikel ini tentang cara-cara dan alat yang digunakan dalam menghilangkan goresan di lantai granit, Anda bisa memonitor tim Kemilau Marmer dengan lebih mudah dan “nyambung” saat ngobrol.