Inspirasi Desain: 6 Ciri Hunian Bergaya Kontemporer

Inspirasi Desain: 6 Ciri Hunian Bergaya Kontemporer

Gaya kontemporer menjadi salah satu desain hunian yang banyak diminati dan direkomendasikan oleh para desainer interior. Desain ini sering kali disamakan dengan desain hunian modern. Padahal, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda lho.

Dilansir dari suatu sumber, hunian modern mengacu pada gaya desain yang populer pada pertengahan tahun 1900-an dengan karakteristik penggunaan bahan alami, warna netral, serta garis yang bersih dan rendah. Nuansa yang ditampilkan juga spesifik dan sama di setiap masa.

Sementara itu, desain kontemporer lebih fleksibel dan dapat memadukan berbagai gaya. Desain ini akan selalu berubah mengikuti trend karena munculnya bahan-bahan, material-material dan model-model baru.

Lalu, apa saja ciri hunian bergaya kontemporer? Di bawah ini, Kemilau Marmer telah merangkumnya untuk Anda.

Tanpa Sekat

Ciri pertama hunian bergaya kontemporer adalah konsep ruangan terbuka. Tidak adanya pembatas ruangan baik dinding atau sekat akan memberikan kesan luas pada hunian. Cara ini biasanya dilakukan dengan menggabungkan fungsi beberapa ruangan sekaligus, seperti dapur dan ruang makan.

Material Berbahan Natural

Umumnya, gaya kontemporer lekat dengan furnitur-furnitur berbahan natural seperti kayu, beton, dan besi. Selain itu, material seperti batu alam juga kerap digunakan pada konsep hunian ini. Lantai kayu atau marmer putih cukup sering digunakan sebagai material lantai karena memberikan kesan alami dan luas pada ruangan.

Pencahayaan

Desain kontemporer umumnya sudah meninggalkan penggunaan jendela kecil. Jendela berukuran besar lebih dipilih untuk konsep hunian ini karena agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam ruangan.

Pengaplikasian Teknologi

Seperti yang disinggung sebelumnya, desain hunian kontemporer selalu mengikuti perkembangan zaman. Perkembangan teknologi pun menjadi hal yang sangat diperhatikan. Smart home system menjadi hal penting untuk konsep hunian ini. Beberapa hal yang diterapkan misalnya penataan sistem kabel, pipa, dan lain sebagainya.

Elemen Garis Sederhana

Salah satu elemen hunian yang harus diperhatikan adalah elemen garis. Pada konsep hunian ini, elemen garis yang simpel lebih sering digunakan dibanding penggunakaan ornamen klasik.

Warna Netral

Warna-warna netral seperti putih, hitam dan abu-abu menjadi warna andalan hunian berkonsep kontemporer. Meski begitu, penggunaan warna cerah seperti biru, kuning dan lainnya juga sering kali digunakan sebagai aksen dekoratif ruangan.

Itulah 6 ciri hunian bergaya kontemporer yang bisa dijadikan inspirasi. Selamat mencoba, sobat Kilau!