Ingin Pasang Lantai Teraso? Ketahui Dulu Kelebihan & Kekurangannya!

Ingin Pasang Lantai Teraso? Ketahui Dulu Kelebihan & Kekurangannya!

Lantai merupakan salah satu material yang penting untuk sebuah hunian. Selain berfungsi untuk menahan naiknya air tanah ke dalam bangunan, lantai juga berperan untuk menambah nilai artistik ruangan. Karena itulah, desain, warna serta material lantai menjadi hal yang sangat dipertimbangkan.

Salah satu jenis lantai yang cukup banyak digunakan adalah teraso. Lantai ini terbuat dari campuran semen, pecahan marmer dan pasir. Motifnya sangat beragam, mengikuti bahan dasar yang digunakan dalam pembuatannya. Inilah yang menjadi daya tarik terbesar lantai teraso.

Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan banyak faktor sebelum memutuskan untuk menggunakan lantai ini. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan lantai teraso yang harus Anda tau.

Kelebihan Teraso

Motif yang Beragam

Karena terbuat dari pecahan batuan, motif yang dihasilkan juga beragam dan terkesan abstrak. Desain ini tentunya akan membuat hunian terlihat lebih menarik. Tak jarang, teraso juga digunakan sebagai bahan pembuatan furnitur seperti vas, patung, dan lain sebagainya.

Lebih Awet & Tahan Lama

Dibandingkan dengan keramik, teraso memiliki daya tahan yang jauh lebih tinggi. Lantai ini sering ditemukan di rumah-rumah tua berusia puluhan tahun dengan kondisi yang masih kokoh. Karena keawetannya inilah, teraso sering digunakan di pabrik-pabrik yang memiliki alat berat.

Antigores

Selain daya tahan yang tinggi, permukaan teraso juga tahan goresan lho. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lantai jadi rusak ketika memindahkan furnitur, apalagi jika furnitur tersebut berat dan memiliki sudut kaki yang tajam.

Perawatan Mudah

Tak seperti lantai marmer atau granit yang membutuhkan perawatan khusus, teraso tidak memiliki ketentuan khusus dalam hal ini. Untuk merawat lantai teraso, Anda hanya perlu menyapu dan mengepel secara rutin, seperti lantai pada umumnya. Ada baiknya jika Anda mengepel menggunakan air hangat agar kotoran terangkat dengan lebih maksimal.

Kekurangan Teraso

Harga Cenderung Mahal

Dengan motifnya yang unik dan cantik, harga teraso terbilang lebih terjangkau dibanding marmer ataupun granit. Namun, harganya tetap lebih mahal daripada keramik yang sekarang pun sudah memiliki banyak motif. Alhasil, banyak orang yang lebih memilih keramik dibanding teraso.

Proses Pemasangan Rumit

Dibalik motifnya yang unik dan cantik, ternyata proses pemasangan teraso cukup rumit lho. Tak hanya perlu direkatkan, teraso juga harus dipoles setelah terpasang.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari lantai teraso yang harus Anda tau. Bagaimana, tertarik untuk menggunakan lantai teraso?