Floor Drain: Tips Memilih dan Cara Merawatnya

Floor Drain: Tips Memilih dan Cara Merawatnya

Saat masuk ke kamar mandi, coba guyur air dari shower atau ambil dari bak mandi. Perhatikan, ke mana air akan mengalir dan menghilang? Air akan menuju pojokan lantai lalu menghilang setelah masuk ke lubang yang ada tutupnya. Itulah yang disebut floor drain.

Floor drain atau kadang disebut avur ini dipasang di atas lubang pembuangan air. Anda bisa menjumpainya di kamar mandi, toilet, area cuci baju, atau bisa juga di garasi mobil.

Floor drain ini berfungsi untuk menyaring kotoran yang terbawa air, seperti rambut atau sampah plastik, agar tidak masuk ke dalam lubang saluran pembuangan air. Selain itu floor drain juga mencegah terjadinya genangan pada kamar mandi akibat kotoran atau sampah yang menyumbat saluran pembuangan.  

Tips Memilih Floor Drain

Berikut ini adalah tips dalam memilih floor drain yang tepat untuk dipasang di kamar mandi Anda:

Desain
Secara desain, floor drain yang ada di pasaran itu ada dua macam, yaitu berbentuk bundar atau lingkaran, dan berbentuk kotak. Anda bisa pilih sesuai selera Anda, atau disesuaikan dengan desain interior kamar mandi. Kebanyakan orang memilih memakai yang lingkaran.

Bentuk
Selain desain, ada dua macam bentuk floor drain yang bisa Anda pilih, yaitu bentuk mangkok dan lembaran. Floor drain yang berbentuk mangkok ini punya beberapa kelebihan, yaitu lebih kuat saat terinjak, punya daya serap yang lebih baik ketimbang bentuk lembaran, dan perawatannya lebih mudah.

Ukuran Lubang Penyaring
Floor drain tersedia di pasaran dengan beragam pilihan ukuran lubang penyaring. Sebaiknya Anda pilih floor drain dengan lubang penyaring yang banyak dan ukurannya kecil-kecil. Tujuannya adalah untuk optimal menyaring dan menghambat sampah agar tidak masuk  terbawa aliran air ke pembuangan.

Saringan Berlapis
Pilih floor drain dengan saringan berlapis atau memiliki saringan dua tingkat. Ini untuk memudahkan proses penyaringan sampah. Fungsinya sebagai backup. Jika sampah atau kotoran masih bisa lolos di saringan pertama, maka saringan kedua akan menghambatnya lagi.

Bola Pelindung
Sejumlah pilihan floor drain dilengkapi dengan bola pelindung di dalamnya. Floor drain ini akan lebih aman untuk Anda, karena bola pelindung akan mencegah binatang-binatang kecil yang berasal dari saluran air yang akan masuk ke area kamar mandi.

Buka-Tutup
Pilih floor drain yang mudah untuk dibuka dan ditutup. Ini untuk memudahkan Anda saat melakukan perawatan dan membersihkannya.

 
Cara Merawat Floor Drain

Setelah memilih floor drain yang bagus dan sesuai dengan desain kamar mandi Anda, saatnya Anda merawat floor drain. Karena setiap hari selalu digunakan dan merupakan material yang cukup penting, maka floor drain harus dirawat agar lebih awet, berfungsi normal, bersih, dan tidak menimbulkan bau tidak sedap.

Secara berkala bersihkan sampah dan kotoran seperti rambut dan sampah plastik yang tersangkut di atas floor drain. Gunakan sarung tangan saat membersihkannya. Buka penutup floor drain, dan bersihkan juga kotoran yang ada di sana. Anda bisa menggunakan alat penjepit agar lebih mudah.

Perhatikan apakah tingkat kemiringan lantai kamar mandi sudah sesuai? Ini penting agar floor drain berfungsi dengan optimal. Selalu letakkan kapur barus berbentuk bola di atas floor drain untuk mencegah bau yang bisa ditimbulkannya.

Setelah floor drain berfungsi optimal, pastikan lantai kamar mandi Anda juga dalam kondisi selalu terawat. Percayakan perawatan lantai kamar mandi Anda ke jasa poles lantai profesional seperti Kemilau Marmer. Aktivitas di kamar mandi akan semakin nyaman.