Do & Don’t Saat Merawat Sendiri Lantai Marmer

Do & Don’t Saat Merawat Sendiri Lantai Marmer

Dilihat dari penampilannya, lantai marmer memiliki pesona dan daya tarik tersendiri melalui tekstur dan corak khas yang tidak terdapat pada jenis lantai lainnya. Terbentuk dari material alami yang memberikan kesan elegan dan berkelas, sehingga lantai jenis ini banyak digunakan untuk mendukung desain rumah-rumah mewah.

Agar keindahan alami tersebut tetap terjaga dan tahan lama, Anda harus melakukan perawatan lantai marmer secara rutin. Terlebih lagi jika tingkah polah si kecil dan juga binatang peliharaan kesayangan Anda yang acapkali membuat lantai marmer ternoda. Pori-pori yang terdapat pada lantai marmer dapat menyerap noda, akibatnya jika tidak segera dibersihkan saat ternoda bisa berakibat mengurangi keindahannya. Tidak mau, kan?

Untuk melakukan perawatan rutin lantai marmer ini secara optimal, Anda bisa memanggil jasa poles lantai marmer profesional. Tanpa perlu repot, lantai marmer Anda akan mengkilap dan mengeluarkan kemilau seperti baru. 

Tapi Anda juga bisa kok melakukan perawatan dan memoles sendiri lantai marmer tersebut. Sebelum melakukannya, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa-apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat merawat sendiri lantai marmer Anda. Simak dos dan don’ts sederhana berikut ini.    

Do Saat Merawat Lantai Marmer

Ini adalah hal-hal yang boleh, bahkan dianjurkan, untuk dilakukan saat merawat sendiri lantai marmer Anda beserta alat dan bahan yang harus disiapkan dan juga langkah-langkah perawatan sederhananya, sebagai berikut:

ALAT & BAHAN:

  • Cairan pembersih khusus untuk lantai marmer. Jika tidak tersedia, Anda bisa menggunakan sabun cuci piring atau deterjen yang aman untuk lapisan dan pori-pori lantai marmer.
  • Alat pel yang lembut dan bersih.
  • Ember plastik.
  • Air hangat dan dingin.
  • Kain lap mikrofiber yang kering dan bersih.

LANGKAH-LANGKAH:

  • Campurkan cairan pembersih khusus atau penggantinya dengan satu ember air, lebih baik jika air hangat. 
  • Setelah itu lakukan pengepelan perlahan untuk seluruh permukaan lantai marmer Anda.
  • Setelah selesai, kosongkan ember dan isi kembali dengan air dingin tanpa campuran. Lakukan kembali pengepelan seluruh permukaan lantai marmer untuk menghilangkan sisa-sisa sabun yang ada.
  • Lanjutkan dengan memoles lantai marmer dengan menggunakan kain lap mikrofiber untuk mengembalikan kilaunya.
  • Usahakan jangan biarkan lantai marmer mengering dengan sendirinya. Hal tersebut bisa menyebabkan bercak air yang tentu tidak sedap dipandang.

PERHATIKAN:

  • Saat membersihkan area tertentu di lantai marmer Anda, sebaiknya seka bagian yang terkena noda itu dengan lap secara lembut dan perlahan mengikuti arah serat marmer. Ini untuk menghindari kerusakan pada permukaan marmer.
  • Selanjutnya gunakan kain lap mikrofiber untuk mengeringkan dan juga memoles lantai marmer.

Don’t Saat Merawat Lantai Marmer

Sementara yang ini adalah hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat merawat sendiri lantai marmer Anda, antara lain:

  • Jangan menggunakan produk-produk pembersih untuk lantai atau ubin keramik. Sifat marmer dan keramik itu berbeda. Jika Anda memakai pembersih keramik, akibatnya lantai marmer Anda akan bisa berubah menjadi kusam. Kemilau dan tekstur khas marmer akan memudar dan rusak.
  • Hindari juga menggunakan bahan-bahan yang bersifat sangat asam. Tekstur alami lantai marmer juga terancam rusak jika dipaksakan.
  • Jangan memakai kain lap kasar atau spons cuci piring yang terbuat dari kawat halus untuk mengelap lantai marmer. Alat-alat tersebut dapat merusak lantai marmer.
  • Vacuum cleaner juga sebaiknya tidak Anda gunakan langsung di lantai marmer, karena berpotensi terjadi goresan dari roda dan selangnya yang bisa mengurangi keindahan lantai marmer Anda.

Setelah mengetahui apa-apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan pada saat merawat sendiri lantai marmer Anda, serta alat dan bahan yang dianjurkan untuk digunakan, Anda bisa segera melakukan perawatan poles lantai marmer kesayangan Anda itu sendiri dengan lebih mantap.

Namun jika Anda tidak mau repot atau khawatir terjadi kesalahan treatment, dan ingin mendapatkan hasil kemilau yang sempurna dan optimal secara rutin pada lantai marmer tersebut, Anda bisa menghubungi jasa poles marmer profesional, seperti Kemilau Marmer. Perawatan secara rutin dan benar akan membuat lantai marmer Anda lebih awet dan tahan lama.