Desain Raised Floor di Rumah, Ini Kelebihannya, Selain Kesan Mewah

Desain Raised Floor di Rumah, Ini Kelebihannya, Selain Kesan Mewah

Sesuai namanya, raised foor adalah desain konstruksi lantai yang terangkat lebih tinggi sebagian, seperti sebuah panggung. Sebutan lain dari raised floor adalah access floor. Biasanya konsep raised floor digunakan di ruangan yang terkait dengan instalasi kabel atau pipa-pipa, sehingga lebih banyak diterapkan di gedung perkantoran.

Tujuan utama dari desain raised floor pada instalasi kabel dan pipa adalah menjaga suhu tetap dingin dan memudahkan dilakukannya proses maintenance atau juga perbaikan-perbaikan yang diperlukan.

Tak hanya untuk gedung perkantoran, ternyata desain raised floor ini juga bisa diterapkan pada bangunan rumah, lho. Sejumlah kelebihan yang bisa dirasakan dari desain raised floor di rumah, selain memberi kesan mewah, antara lain:

  1. Desain interior rumah tampak lebih wah secara estetika, dan jauh dari kesan monoton.
  2. Ruangan di rumah terlihat lebih rapi karena instalasi kabel dan jalur pipa tersembunyi di bagian bawah.
  3. Proses pemasangannya mudah dan cepat karena menggunakan sistem knock down.
  4. Ketinggian dari lantai dapat diatur sesuai kebutuhan.
  5. Jika diperlukan, panelnya bisa diangkat.
  6. Raised floor bisa dibongkar dan dipasang lagi di tempat berbeda.
  7. Anda bisa memanfaatkan raised floor sebagai hidden storage, sehingga rumah tampak lebih rapi.
  8. Raised floor juga memberikan peran penting untuk sirkulasi udara atau AC dengan sistem down flow.
  9. Jika terjadi musibah banjir hingga masuk ke rumah, maka area raised floor ini relatif bisa menjadi tempat yang lebih aman untuk menghindarkan barang-barang dari air banjir.

Selain banyaknya kelebihan dari desain raised floor di rumah, ternyata ada juga kelemahan atau kekurangnnya, yaitu jika di rumah tersebut terdapat lansia alias orang lanjut usia, atau anak kecil. Mereka berpotensi terjatuh karena tersandung saat akan melintasi bagian lantai yang naik itu. Atau saat berada di atas, mereka lupa jika ada bagian lantai yang lebih rendah.

Anda harus pandai-pandai menyiasati agar lansia atau balita kesayangan Anda terhindar dari cedera akibat desain raised floor yang Anda aplikasikan di rumah tersebut. Anda bisa mewanti-wanti mengingatkan, atau memberikan akses jalan lain yang lebih aman, atau selalu mendampingi saat mereka hendak melintasi area tersebut.

Fokus dan area utama yang diciptakan dari konsep raised floor ini bisa juga justru pada bagian yang di bawah. Jadi seolah bagian tersebut turun karena sekelilingnya tinggi. Berikut ini adalah beberapa contoh desain raised floor yang bisa diterapkan di rumah Anda, sebagai berikut:

Raised floor di rumah

Raised floor di rumah

Raised floor di rumah

Raised floor di rumah

Raised floor di rumah

Raised floor di rumah

Nah, setelah mengetahui fungsi dan kelebihan-kelebihan dari desain raised floor, serta cara mengantisipasi terjadinya kecelakaan pada lansia dan balita, Anda bisa berencana untuk menerapkannya di rumah.

Agar area raised floor ini tetap terlihat menawan, Anda harus memastikan lantainya terawat dengan baik. Manfaatkan saja jasa poles lantai profesional, seperti Kemilau Marmer, untuk melakukan perawatan berkala secara optimal pada area raised floor kebanggaan Anda tersebut.