Cara Aman Mengebor Ubin Keramik Tanpa Panik

Cara Aman Mengebor Ubin Keramik Tanpa Panik

Saat ingin memasang hiasan dekorasi atau gantungan baju (kapstok) di kamar mandi yang dindingnya dilapisi ubin keramik, Anda mungkin khawatir ubin tersebut pecah saat dibor. Akhirnya panggil tukang untuk melakukannya. Kalau panggil tukang hanya untuk memasang kapstok, berapa ongkosnya? Jadinya harus cari-cari pekerjaan lain untuk melengkapinya.

Daripada harus selalu panggil tukang, Anda bisa melakukannya sendiri, kok. Ada cara aman untuk mengebor ubin keramik tanpa khawatir pecah atau rusak. Ikuti tipsnya berikut ini

Siapkan Peralatan Mengebor Keramik

Sebelum mulai memasang dekorasi di dinding keramik kamar mandi, siapkan terlebih dahulu dekorasi yang akan dipasang dan juga peralatan yang diperlukan untuk mengebor ubin keramik, yaitu:

  • Mesin bor untuk beton (impact drill). 
  • Mata bor untuk beton (masonry bits). Sesuaikan ukuran mata bor dengan sekrup dan fischer. Biasanya ukuran 6 inch.
  • Palu dan obeng. Sesuaikan obeng dengan sekrupnya.
  • Sekrup dan fisher.
  • Spidol penanda titik.
  • Lakban kertas.
  • Cutter.

Itu adalah perlengkapan utama yang diperlukan untuk mengebor ubin keramik. Sebaiknya siapkan juga peralatan tambahan yang dapat membantu saat aktivitas mengebor ubin keramik tersebut, antara lain:

  • Tangga atau bangku (jika diperlukan).
  • Meteran. Untuk mengukur ketinggian dekorasi atau jarak antar sekrup.
  • Waterpass. Agar pemasangan dekorasi tidak miring.
  • Kacamata pelindung. Ini untuk melidungi mata dari debu saat mengebor.
  • Masker. Bukan karena Corona, kali ini masker bertugas untuk melindungi saluran napas Anda dari debu saat mengebor.
  • Sapu dan pengki. Untuk membersihkan debu hasil bor yang jatuh ke lantai.

Cara Mengebor Keramik

Setelah peralatan utama dan tambahan yang dibutuhkan sudah siap lengkap, Anda bisa mulai cara mengebor keramik berikut ini: 

  1. Ukur dan posisikan benda dekorasi yang akan dipasang.
  2. Gunakan meteran dan waterpass agar peletakannya tidak miring.
  3. Manfaatkan tangga atau bangku jika posisinya agak tinggi.
  4. Tentukan titik yang akan dibor. Tandai dengan spidol.
  5. Tutup area yang akan dibor tadi dengan lakban kertas. Fungsi lakban ini adalah agar mata bor tidak terpeleset saat mengebor permukaan keramik yang licin.
  6. Tandai sekali lagi lubang yang akan dibor dengan spidol pada lakban.
  7. Buatlah lubang kecil atau dangkal dengan menggunakan mata bor yang dipukul perlahan dengan palu, lalu putar sedikit mata bornya. Ingat, pukul perlahan saja agar ubin keramik tidak pecah. Pastikan lubang dangkal ini tetap di tanda spidol. Buat lubang dengan kedalaman sekitar 3 mm saja.
  8. Pasang mata bor ke mesin bor, lalu mulailah mengebor di lubang dangkal tadi. Bor hingga kedalaman sesuai dengan panjang fisher.
  9. Lepaskan lakban kertas, lalu masukkan fischer. Pukul pelan dengan palu agar fischer sepenuhnya masuk. Jika ada sisa, potong dengan cutter.
  10. Masukkan sekrup ke fischer dengan obeng. Sisakan untuk menggantungkan dekorasi.
  11. Pasang dekorasinya 

Look! Gampang sekali, kan? Ternyata mengebor ubin keramik bisa dilakukan sendiri, tanpa merusak ubinnya. Dekorasi pun sudah terpasang rapi di dinding berlapis ubin keramik. Anda tinggal membersihkan bekas debu dan serpihan di lantai hasil pengeboran.

Agar ubin keramik tampak selalu indah dan pantas dihiasi dekorasi apapun, Anda harus rajin melakukan perawatan. Anda bisa melakukan perawatan sendiri atau memanfaatkan jasa poles keramik profesional seperti Kemilau Marmer agar perawatannya optimal. Selamat mengebor ubin keramik sendiri dan menghiasinya dengan beragam dekorasi cantik.